Rilis Terbaru

Semarakkan HKN Ke-55, Dinkes Umumkan Tenaga Kesehatan Teladan

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0067/RILIS/XI/2019

Tanggal : 18 November 2019

Semarakkan HKN Ke-55, Dinkes Umumkan Tenaga Kesehatan Teladan

Rengat - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Pemkab Inhu) melaksanakan Upacara 17 hari bulan di halaman Kantor Bupati, Senin (18/11/2019). Ada yang istimewa dari upacara kali ini, karena sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 yang jatuh pada tanggal 12 November 2019. HKN Ke-55 mengambil tema "Generasi Sehat Indonesia Unggul". Sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Presiden dalam pelantikan kabinet Indonesia Maju (2020-2024) diprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia. Hari Kesehatan Nasional sendiri bertujuan untuk mengajak masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat dan meninggalkan kebiasaan atau perilaku yang kurang sehat. Tampak papan bunga ucapan selamat berjejer disepanjang jalan lintas timur didepan Kantor Bupati. 

Upacara di ikuti oleh seluruh ASN serta tenaga kontrak dilingkungan Pemkab Inhu dan berlangsung dengan khidmat. Bertindak selaku inspektur upacara, Wakil Bupati H. Khairizal, SE, M.Si. Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Khairizal juga membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI. Melalui momentum HKN ini, segenap lapisan masyarakat diajak untuk mengkonsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa. Juga pada kesempatan ini disampaikan, atas nama pemerintah, penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan kesehatan diseluruh penjuru negeri, terutama kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor di Pusat dan Daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang berjuang melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan Generasi Sehat Indonesia Unggul.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman pemenang berbagai lomba yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Inhu. Perlombaan tersebut diantaranya lomba PHBS Rumah Tangga, Desa Siaga Aktif, Posyandu, lomba Taman Obat Keluarga (Toga), dan Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Kabupaten Indragiri Hulu. 

Pemenang Lomba PHBS Rumah Tangga diantaranya Juara I berhasil diraih Desa Bukit Lipai, Desa Beligai berhasil memperoleh Juara II, dan Juara III ditempati Desa Sei. Pasir Putih. Sedangkan untuk perlombaan Desa Siaga Aktif, Juara I berhasil diraih Desa Beligan, Juara II diraih Desa Bukit Lipai, dan Juara III  diraih Desa Sei. Sagu. Selanjutnya Desa Wonosari berhasil memperoleh Juara I pada lomba posyandu, Juara II ditempati Desa Pandan Wangi, dan Juara III berhasil diraih desa Seresam. 

Terdapat dua kategori pada Lomba Pemanfaatan Toga yakni kawasan pedesaan dan kawasan terpencil. Untuk pemenang kategori kawasan pedesaan, Juara I diraih Desa Pematang Jaya Kecamatan Rengat Barat, Juara II Kelurahan Sekip Hulu Kecamatan Rengat, Juara III Desa Mekar Sari Kecamatan Lirik.  Sedangkan untu kategori kawasan terpencil, Juara I berhasil diraih Desa Bukit Lipai Kecamatan Batang Cenaku, Desa Suka Maju Kecamatan Batang Peranap memperoleh Juara II, dan Juara III ditempati Desa Pontian Mekar Kecamatan Lubuk Batu Jaya.

Selain itu juga diumumkan pemenang Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Kabupaten Indragiri Hulu Tahun 2019. Kategori Tenaga Dokter berhasil diraih Dr. Christian Nopiandi, tempat tugas di Puskesmas Polak Pisang. Selanjutnya kategori Tenaga Perawat diraih Rinti Padriani, AMK, bertugas di Puskesmas Pangkalan Kasai. Untuk Kategori Tenaga Bidan, Peringkat I berhasil diraih Lisa Nurarfani, Amd.Keb bertugas di Puskesmas Pekan Heran, Peringkat II diraih Hertinah, Amd.Keb dari Puskesmas  Pangkalan Kasai, dan Afrida Budiarti Amd.Keb bertugas di Puskesmas Kambesko berhasil meraih Peringkat III.  Hadiah diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Inhu didampingi oleh Sekda dan Kepala Dinas Kesehatan Inhu. Khairizal mengucapkan selamat kepada para pemenang dan berharap agar dapat selalu lebih baik lagi kedepannya.