Rilis Terbaru

Batik Inhu: Warna Baru Karya Seni Batik Indragiri Hulu

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0058/RILIS/X/2019

Tanggal : 22 Oktober 2019

Batik Inhu: Warna Baru Karya Seni Batik Indragiri Hulu

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman seni dan budaya, salah satu seni yang terkenal dan diakui oleh dunia yaitu batik. Seperti yang kita ketahui, batik sejak tahun 2009 diakui oleh UNESCO sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi. Semakin banyaknya minat masyarakat menggunakan pakaian batik dengan motif khas daerah menggugah para pelaku IKM (Industri Kecil Menengah) untuk kreatif dalam menciptakan motif-motif baru. Hal yang sama juga terjadi pada perkembangan Batik Inhu sebagai karya cipta batik Indragiri Hulu. Oleh karena itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Indragiri Hulu (Disperindag Inhu), Hikmat Praja,ST,MT, melalui Bidang Perindustrian mengambil sikap untuk melindungi hasil Karya Cipta para pelaku IKM Batik dengan melindungi Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) atas motif batik yang membawa ciri khas Kabupaten Indragiri Hulu tersebut. Konsepsi mengenai HAKI sendiri didasarkan pada pemikiran bahwa karya intelektual yang telah dihasilkan manusia memerlukan pengorbanan tenaga, waktu, dan biaya. Adanya pengorbanan tersebut menjadikan karya yang dihasilkan memiliki nilai ekonomi dan memerlukan perlindungan hukum.

Upaya melindungi hasil karya cipta tersebut dilakukan melalui koordinasi dengan Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI Kantor Wilayah Riau dengan menerbitkan dua surat Pencatatan Ciptaan. Kedua surat pencatatan ciptaan tersebut terbit pada 24 April 2019 lalu atas nama Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, yaitu dengan nomor pencatatan 000141313 untuk motif Itik Pulang Petang yang didesain oleh saudara Heru Saputra. Selanjutnya ada motif Bunga Seroja dengan nomor pencatatan 000141311 yang didesain oleh saudara Agus Mawan. Surat pencatatan ciptaan dari Kemenkumham merupakan perlindungan ciptaan di bidang ilmu pengetahuan, seni dan sastra berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Untuk terus mengembangkan batik Inhu menjadi salah satu ciri khas ataupun ikon Kabupaten Inhu, tentunya dibutuhkan peran serta kepedulian semua pihak. Hikmat Praja berharap dengan adanya dukungan pemerintah daerah dalam melindungi hasil karya cipta pelaku IKM Batik Inhu tersebut, dapat memajukan industri Batik Indragiri Hulu serta tentunya dapat membantu perekonomian bangsa, kini hingga nanti.