Rilis Terbaru

BPKAD Inhu Sosialisasikan Sistem E-Payment

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0054/RILIS/X/2019

Tanggal : 04 Oktober 2019

BPKAD Inhu Sosialisasikan Sistem E-Payment

Rengat - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Indragiri Hulu (BPKAD Inhu) melaksanakan kegiatan "Sosialisasi Penggunaan E-Payment dan Sosialisasi Penguatan Integritas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu", Kamis (3/10). Kegiatan dilaksanakan di Auditorium Thamsir Rahman lt.4 Kantor Bupati Inhu.

E-Payment merupakan sistem yang sedang dikembangkan oleh BPKAD bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Inhu. Dengan adanya sistem ini, diharapkan proses pencairan dapat dipercepat. SOP yang sebelumnya dianggap lama akan menjadi lebih efisien, baik dari segi efisiensi waktu maupun biaya. Efisien karena akan ada pemangkasan yang sebelumnya pencairan melalui tiga bidang (akuntansi, anggaran, perbendaharaan). Setelah ada E-Payment, pengelolaan pencairan akan langsung ke bidang perbendaharaan. Ditambah dengan adanya sistem e-payment berkas melalui sistem digital. Semua berkas pencairan di upload ke dalam sistem sehingga OPD tidak perlu lagi mengantarkan berkas ke BPKAD.

 

Dalam sosialisasinya, BPKAD juga menyampaikan beberapa target mereka diantaranya Laporan Keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Selain itu BPKAD juga menargetkan perencanaan anggaran yang tepat waktu dan tidak terhutang di akhir tahun anggaran. Kemudian BPKAD menargetkan pendataan aset hingga 90%  terdata dalam sistem yang juga dikenal dengan nama Sidina (Sistem Informasi Data Inventaris Aset)

Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala BPKAD Ibrahim Alimin, Sekretaris, Kepala Bidang, Kepala Seksi, dan seluruh staff BPKAD. Kegiatan sosialisasi juga dihadiri OPD dilingkungan Pemkab Inhu diantaranya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA), DISKOMINFO, dan Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP).