Rilis Terbaru

Bupati Rezita Kalungkan Medali Emas Kepada Atlet Cabor Panjat Tebing

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0736/RILIS/XI/2022

Tanggal : 18 November 2022

Bupati Rezita Kalungkan Medali Emas Kepada Atlet Cabor Panjat Tebing

INHU - Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi didaulat untuk mengalungkan medali emas kepada peraih medali emas pada cabor panjat tebing dalam rangkaian kegiatan Porprov X Riau 2022. Ialah Diyanah Aribah Hanin, atlet peraih medali emas asal Kabupaten Inhu.

Siswi SMAN 1 Rengat ini tercatat sebagai peraih medali emas pertama pada cabor panjat tebing. Siswi kelas 12 SMAN 1 Rengat Barat ini hanya butuh waktu 15,812 detik mencapai puncak ketika berhadapan dengan atlet asal Bengkalis dengan waktu 17.050 detik.

"Diya (panggilan akrabnya) memang salah satu atlet panjat tebing yang kami andalkan", ujar Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Inhu, Eldja Septarima, Selasa (15/11/2022).

Cabor panjat tebing pada Porprov ini sebut Eldja Septarima, ada 17 nomor yang dipertandingkan. Dari 17 nomor itu, dengan jumlah medali terdiri dari 17 emas, 17 perak dan 21 perunggu.

Dari 17 nomor tersebut, terdapat 114 orang atlet yang akan bertanding dari kabupaten/kota di Riau. "FPTSI Inhu menurunkan sebanyak 13 orang atlet yang terdiri dari tujuh putra dan enam putri", ungkap Eldja Septarima yang juga sekretaris Dinas PUPR Inhu ini.

Pelaksanaan pertandingan pada cabor panjat tebing tambahnya, akan berlangsung selama sembilan hari termasuk kedatangan atau terdapat 7 hari untuk pertandingan. "Selain persiapan dan mental juara atlet, panjat tebing juga berpengaruh terhadap nasib. Selalu ada kejutan untuk hasil pertandingan. Makanya slogan di panjat tebing sendiri adalah, otak, otot, nasib dan doa", tambahnya.

Untuk itu Eldja mengharapkan dukungan dari masyarakat Inhu agar seluruh atlet panjat tebing Inhu dalam kondisi sehat dan berhasil meraih prestasi gemilang. Selain itu Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk meramaikan dan menyaksikan pertandingan panjat tebing mulai dari tanggal 13 November hingga 19 November mendatang.

Ditempat terpisah, Ketua KONI Kabupaten Inhu, Supri Handayani menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya untuk atlet cabor panjat tebing yang sudah menunjukkan prestasinya pada Porprov X Riau. "Diya merupakan anak asli Inhu yakni berasal dari Desa Danau Baru Kecamatan Rengat Barat," ujarnya.

Memang sebutnya, cabor panjat tebing merupakan salah satu cabor yang diandalkan pada Porprov kali ini. Sebab, dari cabor panjat tebing ini sudah melahirkan atlet kelas dunia yakni Puja Lestari. "Semoga di nomor yang lain, atlet panjat tebing kembali dapat menyumbangkan medali emas", harapnya.