Rilis Terbaru

Buka Kegiatan Sosialisasi Industri Kecil Menengah, Ini Pesan Bupati Rezita

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0733/RILIS/XI/2022

Tanggal : 18 November 2022

Buka Kegiatan Sosialisasi Industri Kecil Menengah, Ini Pesan Bupati Rezita

INHU - Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi secara resmi membuka Sosialisasi Industri Kecil Menengah yang diadakan di Auditorium Yopi Arianto lantai 4 Kantor Bupati Indragiri Hulu, Jumat pagi (11/11/2022). Kegiatan ini dibarengi dengan Peluncuran Aplikasi Taja Usaha Angkat Hasil Industri Kecil Menengah (TUAH IKM) yang dipelopori oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Inhu.

Kegiatan diawali dengan penandatangan MOU / Perjanjian Kerjasama kepada LOKA POM, BPJS Ketenagakerjaan dan PT. Pos Rengat dan penyerahan secara simbolis serifikat Merek Dagang, Halal, BPOM dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan oleh Bupati INHU kepada peserta usaha IKM.

Plt. Kadis Perindustrian dan Perdaganan, Aldi Akbar yang menyampaikan laporan bahwa tema kegiatan ini adalah 'Peningkatan Daya Saing melalui Transformasi Digital'. "Kegiatan ini diikuti oleh Peserta 60 orang pelaku IKM yang ada di delapan Kecamatan di Inhu. Dan dilaksanakan selama dua hari" ungkap Plt. Kadisperindag.

Selanjutnya Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi dalam sambutannya mengapresiasi Disperindag Inhu khususnya bidang Perindustrian yang telah melahirkan program inovasi pembinaan IKM terintegrasi, melalui sistem elektronik 'TUAH IKM'. " Ini merupakan yang pertama di Riau sebagai fasilitas layanan dalam pembinaan dan pemberdayaan IKM terintegrasi secara digital, dan sepatutnya kita apresiasi" ungkap Bupati Inhu.

Beliau menjelaskan tantangan pembangunan industri nasional saat ini adalah perubahan cara berbisnis yang memanfaatkan perkembangan teknologi digital dan inovasi produk. Oleh karenanya strategi peningkatan penguasaan teknologi dan kualitas SDM Industri dalam melakukan langkah afirmatif seperti perumusan kebijakan, penguatan kapasitas kelembagaan dan pemberian fasilitas kepada industri kecil dan menengah untuk memperoleh konsumen, membangun preferensi konsumen, mempromosikan merek dan meningkatkan penjualan menjadi hal penting untuk dilakukan.

"Hadirnya sistem elektronik ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan pelayanan Pemkab kepada masyarakat khususnya para pelaku industri kecil dan menengah di Inhu" harap Rezita menutup sambutan.