Rilis Terbaru

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Sosialisasikan Peraturan Daerah Tentang Perlindungan Anak

Asisten III Inhu, Erlina Wahyuningsih (Tengah) dan Kepala Dinas PPPA Inhu, Wardiati (Kanan) menghadi

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0050/RILIS/IX/2019

Tanggal : 30 September 2019

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Sosialisasikan Peraturan Daerah Tentang Perlindungan Anak

Dalam upayanya untuk memenuhi hak anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) telah membuat berbagai macam terobosan penting baik dalam segi kebijakan maupun layanan unggulan. Salah satunya adalah dengan melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 5 Tahun 2019 tentang perubahan atas Perda Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak di Aula Bappeda, Senin (30/9). Perubahan atas Perda tersebut dilakukan sebagai adaptasi meluasnya cakupan dari pemenuhan hak anak dan perlindungan anak itu sendiri.

 

“Diharapkan dengan Perda yang baru disahkan ini, seluruh elemen baik Pemerintah, Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha dan bahkan Media Massa mempunyai dasar untuk memenuhi 32 hak anak dan melaksanakan pelindungan anak” Ujar Kepala Dinas PPPA Kabupaten Inhu, Wardiati S.Sos, dalam sambutannya.

Acara ini dibuka langsung oleh Asisten III Inhu, Erlina Wahyuningsih, dan dihadiri oleh perwakilan OPD di Lingkungan Pemkab Inhu, Perwakilan Dunia Usaha, Kepala Sekolah dan sekolah inklusi yang bersentuhan langsung dalam pemenuhan hak anak di bidang pendidikan, Perwakilan Organisasi Pemuda, Perwakilan Organisasi Perempuan, Serta Forum Anak Kabupaten Indragiri Hulu. Bertindak selaku narasumber perwakilan dari DPPPA serta Perwakilan dari Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Inhu.

 

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Kabupaten Inhu telah mendapat apresiasi dari pemerintah pusat yang mana sejak tahun 2017 Inhu mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Kemudian pada tahun 2019 Inhu kembali memperoleh penghargaan Kabupaten Layak Anak Tingkat Madya.

 

Kabupaten Layak Anak merupakan wujud nyata implementai Konvensi Hak Anak dan berbagi peraturan perundang-undangan dan kebijakan terkait “Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak”. Hal ini penting karena Anak adalah sebagai tongkat estafet penerus masa depan bangsa.