Rilis Terbaru

Kesbangpol Inhu Gelar Workshop Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan ASN Pemkab Inhu

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0718/RILIS/X/2022

Tanggal : 27 Oktober 2022

Kesbangpol Inhu Gelar Workshop Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan ASN Pemkab Inhu

INHU – Narkotika, Psikotropika, dan bahan berbahaya lainnya atau yang biasa disebut Narkoba adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. 

Hal ini disampaikan Kanit 1 Narkoba Polres Indragiri Hulu, Iptu Agusri dalam paparannya yang disampaikan pada Workshop Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba bagi unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Rabu (26/10/2022).

Bertindak sebagai narasumber, pada acara yang berlangsung di Auditorium Yopi Arianto Kantor Bupati Inhu ini, Iptu Agusri menjelaskan bagaimana dampak dari penyalahgunaan narkoba diantaranya menekan syaraf pusat, memperlambat aktifitas pada susunan syaraf, dan dapat menimbulkan halusinasi.

Lebih lanjut Iptu Agusri menjelaskan faktor individu yang ingin coba-coba dan lingkungan yang kurang sehat dapat mempengaruhi penyalahgunaan narkoba di masyarakat. Namun Ia mengingatkan dengan risiko yang akan didapat dari tindak penyalahgunaan narkoba baik ancaman terhadap kondisi fisik dan psikis maupun sanksi pidana.

Senada dengan pemaparan dari polres Inhu, Kasi Pidum Kejari Inhu, Albert N. yang juga bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini melanjutkan paparannya dengan menyampaikan sanksi penyalahgunaan narkoba yang tertuang dalam pasal 111, pasal 112, pasal 114, dan pasal 127 dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Administrasi Umum Setdakab Inhu, Erlina Wahyuningsih mewakili Bupati Indragiri Hulu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan politik Inhu, Bambang Indramawan dan diikuti 60 orang peserta yang merupakan perwakilan OPD se-Kabupaten Indragiri Hulu.