Rilis Terbaru

Pembinaan Kader Pembangunan Manusia Kabupaten Indragiri Hulu

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0710/RILIS/IX/2022

Tanggal : 02 September 2022

Pembinaan Kader Pembangunan Manusia Kabupaten Indragiri Hulu

INHU - Dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Indragiri Hulu dan pelaksanaan Aksi 5 dari 8 Aksi Konvergensi Penurunan Stunting di Kabupaten Indragiri Hulu yaitu Pembinaan Kader Pembangunan Manusia (KPM).

TPPS Kabupaten Indragiri Hulu dalam hal ini dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Indragiri Hulu melaksanakan Aksi 5 tersebut diseluruh Kecamatan se-Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 14 Kecamatan.

Pembinaan Kader Pembangunan Manusia ini dilaksanakan dari tanggal 11-25 Agustus 2022 dan diikuti oleh seluruh KPM dari seluruh desa se-Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 178 desa.

Sementara untuk Kelurahan sebanyak 16 kelurahan diikuti oleh 16 orang kader posyandu karena KPM hanya ada di desa sementara untuk Kelurahan tidak ada KPM. Peserta lain dari kegiatan ini adalah Bidan Desa atau tenaga kesehatan penanggungjawab desa/kelurahan yang merupakan pemberi pelayanan kesehatan langsung kepada keluarga berisiko stunting.

Materi pembinaan KPM ini terkait 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK),  pemantauan pertumbuhan dan perkembangan bayi dan balita, optimalisasi dana desa untuk kegiatan intervensi stunting termasuk peningkatan kapasitas kader dan bidan desa dalam Komunikasi Antar Pribadi (KAP) terkait stunting serta implementasi KAP dan penggerakan masyarakat dengan narasumber dari Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat dan Seksi Promosi Kesehatan Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu, serta dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indragiri Hulu.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para peserta dapat mengimplementasikan dalam pelaksanaan pelayanan terhadap sasaran 1000 HPK dan keluarga berisiko stunting agar percepatan penurunan stunting di Kabupaten Indragiri Hulu dapat meningkat.