Rilis Terbaru

Peringati Harkopnas dan Kemerdekaan RI, Pemkab Inhu Gelar Berbagai Lomba

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0693/RILIS/VIII/2022

Tanggal : 02 Agustus 2022

Peringati Harkopnas dan Kemerdekaan RI, Pemkab Inhu Gelar Berbagai Lomba

INHU - Memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-75 dan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) menyelenggarakan berbagai lomba.

Berbagai perlombaan diantaranya lomba memasak serba ikan, pacu sampan mini antar OPD dan pemerintah Kecamatan di Kabupaten Inhu dan lainnya secara resmi dibuka oleh Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi di taman rekreasi Danau Raja Kota Rengat, Senin (1/8/2022).

Bupati Rezita dalam sambutannya menyampaikan tema lomba masak serba ikan yaitu “Penuhi gizi keluarga, cegah stunting, cerdaskan anak bangsa dan lawan Covid-19 dengan gemar makan ikan”. Tema tersebut sejalan dengan komitmen Pemkab Inhu dalam rangka mencegah dan menurunkan angka stunting.

"Untuk itu, saya mengajak seluruh masyarakat mulai dari anak-anak hingga dewasa agar gemar mengonsumsi ikan," imbau Rezita.

Bupati Rezita juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh OPD yang ikut berpartisipasi dalam memeriahkan acara pacu sampan mini di Danau Raja.

“Bagi saya, keikutsertaan OPD dalam event pacu sampan ini menjadi implementasi akan konsep pengembangan potensi wisata yang berbasis pada olahraga budaya," sebut Rezita.

Ketua pelaksana kegiatan, Paino yang juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Inhu menyampaikan, melalui lomba masak serba ikan ini diharapkan ada inovasi baru dalam pengolahan berbagai jenis masakan berbahan baku ikan, sehingga produk perikanan mempunyai nilai tambah secara ekonomi sehingga dapat meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Kemudian dalam rangka memeriahkan Harkopnas ke-75 dan menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI juga dilaksanakan pacu sampan mini antar OPD dan pemerintah kecamatan, yang diselengarakan selama tiga hari mulai tanggal 1 sampai dengan 3 Agustus 2022.

Paino menyampaikan bahwa pada kesempatan ini juga dilaksanakan restoking ikan atau penebaran bibit ikan di Danau Raja, tujuannya adalah meningkatkan populasi ikan dalam rangka pengolahan sumber perikanan melalui pengendalian dan pemanfaatan yang berpedoman pada kaidah-kaidah pelestarian sumber daya hayati perairan, dan menyeimbangkan populasi ikan, dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau dalam sambutannya yang dibacakan oleh Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau menyampaikan, angka konsumsi ikan di Provinsi Riau masih rendah. Hal ini berbanding terbalik dengan potensi perikanan yang ada. Untuk itu perlu adanya inovasi pengolahan makanan serba ikan agar masyarakat terutama anak-anak suka makan ikan.

Beliau menyebutkan pemerintah telah lama mencanangkan program masyarakat makan ikan (Gemarikan), melalui lomba masak serba ikan ini mudah-mudahan dapat meningkatkan minat konsumsi ikan di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Inhu.

Usai pembukaan, Bupati bersama undangan lainnya melakukan restoking ikan atau penebaran bibit ikan di Danau Raja, membuka secara simbolis hilir pertama pacu sampan mini dan mencicipi masakan peserta lomba masak serba ikan.

Selain Perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, acara itu juga dihadiri unsur Forkopimda Inhu, Kepala OPD, camat se-Inhu, pengurus PKK Kabupaten Inhu, tamu serta undangan lainnya.