Rilis Terbaru

Meningkat, Kabupaten Indragiri Hulu Raih Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Kategori Nindya Tahun 2022

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0692/RILIS/VII/2022

Tanggal : 26 Juli 2022

Meningkat, Kabupaten Indragiri Hulu Raih Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Kategori Nindya Tahun 2022

INHU - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi menerima Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak Kategori Nindya yang diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI) I Gusti Ayu Bintang Darmawati pada Acara Malam Penghargaan Provinsi Layak Anak dan Kabupaten/Kota Layak Anak Tahun 2022 yang diselenggarakan secara luring bertempat di Kabupaten Bogor Jawa Barat dan daring melalui Virtual Zoom Meeting Jum’at (22/7/2022).

Penghargaan Provinsi Layak Anak dan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022 diberikan sebagai Apresiasi kepada Daerah yang memiliki komitmen yang tinggi untuk mendukung pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak melalui hasil evaluasi KLA. Evaluasi dilaksanakan untuk mengukur capaian kinerja 24 indikator yang telah ditetapkan dalam lima Klaster.

“Dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing sebagaimana yang telah ditargetkan dalam RPJMN tahun 2020-2024, kita semua harus menyatukan kekuatan untuk memenuhi hak dan melindungi anak-anak kita, apa lagi jumlah anak di Indonesia mengisi sepertiga dari total populasi Penduduk Indonesia yang berjumlah kurang lebih 270 Juta Jiwa,“ terang I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Lebih dari itu, pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak juga merupakan amanat dari konsitusi Undang-Undang Dasar Republik Indonesia, Konvensi Hak Anak yang telah diratifikasi oleh Republik Indonesia, serta Undang-Undang Perlindungan Anak.

“Apresiasi saya sampaikan yang setinggi-tingginya serta selamat kami ucapkan kepada kepala daerah yang menerima penghargaan di tahun 2022 ini, atas segala upaya dan kerja sama yang telah diberikan. Semoga penghargaan ini tidak hanya dilihat sebagai tujuan akhir, tetapi sebagai penyemangat semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di daerah masing-masing,” lanjut Menteri PPPA RI yang dalam Pengurus Forum Anak akrab disapa Bunda Bintang Puspayogo.

Untuk tahun 2022, yang menerima provinsi layak anak sebanyak delapan provinsi, kabupaten/kota layak anak sebanyak 312, dengan rincian 121 kabupaten/kota kategori Pratama, 117 kabupaten/kota kategori Madya, 66 kabupaten/kota kategori Nindya, dan delapan kabupaten/kota kategori Utama.

Usai menerima penghargaan, Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi menyampaikan rasa syukur dan mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Rezita berharap kedepannya Kabupaten Inhu dapat meningkat hingga kategori utama.

“Alhamdulillah pada tahun ini kita kembali mendapatkan penghargaan KLA dari Kementerian PPPA RI, meningkat dari tahun sebelumnya. Dimana tahun 2021 kita mendapatkan Kategori Madya dan tahun ini kita mendapatkan Kategori Nindya. Terima kasih saya ucapkan atas kerja sama dan komitmen kita dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Indragiri Hulu kepada seluruh perangkat daerah, dunia usaha, media massa, lembaga masyarakat dan pendidikan dan forum anak. Semoga kedepannya kita lebih optimal dan meningkat hingga Kategori Utama,” Ujar Bupati wanita termuda se-Indonesia tersebut.

Pada malam penghargaan tersebut turut hadir mendampingi Bupati Inhu, Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Indragiri Hulu Syahruddin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu Wardiati, Para Pejabat di Lingkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hulu, dan Operator KLA Kabupaten Indragiri Hulu.