Rilis Terbaru

Bahas DAS di Kabupaten Inhu, Bupati Rezita Terima BPDAS Provinsi Riau

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0687/RILIS/VII/2022

Tanggal : 12 Juli 2022

Bahas DAS di Kabupaten Inhu, Bupati Rezita Terima BPDAS Provinsi Riau

INHU - Pemetaan lokasi DAS dan siapa saja yang berperan untuk mencegah dan menanggulangi kerusakan di DAS menjadi perhatian serius di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Terbaru, Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi menerima kunjungan Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Provinsi Riau di ruang kerja Bupati lantai dua Kantor Bupati Inhu, Senin (11/7/2022).

Dalam kesempatan ini hadir Kepala Seksi Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan lindung (BPDASHL) Provinsi Riau, Desmantoro beserta rombongan.

Dalam kesempatan ini disampaikan BPDAS telah membentuk forum koordinasi pengelolaan DAS dan sebagai tindak lanjutnya dibutuhkan koordinasi lintas sektor dan lintas administrasi.

Terkait DAS, Rezita mengatakan Pemerintah Kab. Inhu sebelumnya telah melaksanakan ekspedisi menyusur DAS di sepanjang sungai yang melintasi Kab. Inhu serta melakukan program penanaman sejuta pohon. Rezita menerima baik program-program reklamasi dan penghijauan khususnya disekitar DAS.

Terlebih dalam penghijauan tersebut beberapa pilihan bibit yang ditanam juga merupakan tanaman yang memberi manfaat tambahan selain menjaga DAS seperti tanaman kelengkeng, durian dan lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Rezita berharap dengan adanya koordinasi dan sinergisitas dari semua pihak, pencegahan dan penanggulangan DAS dapat dilaksanakan dengan maksimal, termasuk partisipasi dari masyarakat dalam menjaga DAS di Kab. Inhu.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kab. Inhu, Hendrizal; Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Paino; Kepala Bapedda, Bobby Mauliantino; Dinas Lingkungan Hidup Kab. Inhu serta OPD lainnya.