Rilis Terbaru

Wujudkan DRPPA, Pemkab Indragiri Hulu Gelar Bimtek Relawan SAPA

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0685/RILIS/VII/2022

Tanggal : 11 Juli 2022

Wujudkan DRPPA, Pemkab Indragiri Hulu Gelar Bimtek Relawan SAPA

INHU - Dalam rangka terwujudnya desa ramah perempuan dan peduli anak (DRPPA) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Pemerintah Kabupaten Inhu mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) kepada Relawan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) di Kabupaten Inhu. Bimtek berlangsung selama dua hari mulai  tanggal 6 s.d. 7 Juli 2022 yang diikuti Relawan SAPA dari Desa Japura dan Desa Batu Gajah.

Acara berlangsung di Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Inhu dan dibuka langsung oleh Bupati Inhu yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kab. Inhu Erlina Wahyuningsih. Selain itu bimbingan teknis dihadiri oleh narasumber dari Fasilitator Daerah DRPPA Kab. Inhu Rika Varia Nora, Agus Rianto dan Fasilitator Nasional DRPPA Antik Bintari, Perencana Ahli Madya pada Asdep Perlindungan Hak Perempuan Pekerja dan TPPO KemenPPPA Aresi Armynuksmono, BAPPEDA Indragiri Hulu, Dinas PMD, Camat Lirik, Camat Pasir Penyu, serta Kepala Desa Japura dan Desa Batugajah.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 70 tahun 2021 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Wilayah Model Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak yang salah satunya adalah Kabupaten Inhu, maka keberadaan SAPA sangat penting dalam mendukung terwujudnya DRPPA.

SAPA merupakan pengorganisasian sosial yang didasarkan pada jaringan, norma atau kepercayaan di antara anggotanya yang memfasilitasi kerja sama dan koordinasi untuk mewujudkan kepedulian terhadap pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di tingkat desa.

SAPA dibentuk berdasarkan inisiatif masyarakat untuk mendukung terwujudnya DRPPA. Relawan SAPA di Desa Japura dan Batu Gajah telah terbentuk berdasarkan keputusan Kepala Desa, yang bertugas sebagai masyarakat yang peduli terhadap pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di desa.

Bupati Inhu yang diwakili Asisten Administrasi Umum memberi arahan kepada peserta bimtek agar dapat mengikuti pelaksanaan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh di desa guna mendorong kesadaran masyarakat tentang pemenuhan hak serta perlindungan perempuan dan anak.