Rilis Terbaru

Komisi Informasi Provinsi Riau Sosialisasi Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik 2022

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0686/RILIS/VII/2022

Tanggal : 11 Juli 2022

Komisi Informasi Provinsi Riau Sosialisasi Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik 2022

INHU – Dalam rangka penyampaian perubahan monitoring dan evaluasi (MONEV) dari kertas fisik ke formulir digital (google form), Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau melakukan sosialisasi pelaksanaan MONEV keterbukaan informasi publik di Pusat Pelayanan Informasi Masyarakat Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kamis (7/7/2022).

Bertindak sebagai narasumber pada acara ini Komisioner Komisi Informasi Bidang Sosialisasi Edukasi dan Advokasi, Asril Darma dan Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi, Tatang Yudiansyah didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Inhu Dody Arianto.

Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk menyampaikan perubahan di tahun 2022 tentang monev yang mana pelaksanannya diganti dengan e-monev yaitu formulir digital (google form). Dalam kegiatan ini disampaikan langkah-langkah pelaksanaan monev, panduan pengisian dan indikator self assessment questionnaire (SAQ). Tujuan lainnya agar dapat terbukanya informasi publik sebagai awal dari pemberitaan yang baik agar tidak terjadi kesalahan terhadap badan publik.

“Kalau dulu dilakukan dengan mengantarkan kuisioner dalam bentuk kertas. Sesuai dengan perkembangan zaman, sekarang tidak dilakukan melalui kertas lagi melainkan menggunakan formulir digital dan penyederhanaan pertanyaan-pertanyaan,” ujar Asril Darma.

“Penggunaan e-monev pada badan publik yang menjadi sasaran monev ini diharapkan terlaksana dengan baik sehingga ke depannya tidak lagi menggunakan kertas dan jika e-monev ini berhasil maka di masa yang akan datang 1800 desa dapat menerapkan e-monev ini,” lanjut Asril.

Menutup paparannya, Asril berharap tidak hanya Badan Publik yang dilakukan visitasi yang memiliki komitmen untuk mengembalikan kuisioner namun dapat dikembangkan bagi lembaga yang berpotensi.

Peserta kegiatan ini diikuti oleh Badan Publik yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu terdiri dari Baznas, Bawaslu, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Palang Merah Indonesia (PMI), dan BPR.