Rilis Terbaru

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu Laksanakan Pembinaan di Dua Model DRPPA

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0676/RILIS/VI/2022

Tanggal : 24 Juni 2022

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu Laksanakan Pembinaan di Dua Model DRPPA

INHU - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu melaksanakan pembinaan di dua model Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) Kabupaten Indragiri Hulu yakni Desa Japura Kecamatan Lirik dan Desa Batu Gajah Kecamatan Pasir Penyu. Adapun kedua desa ini telah ditetapkan melalui Keputusan Bupati Indragiri Hulu Nomor Kpts. 196/II/2022. Kegiatan pembinaan ini berlangsung mulai dari Senin hingga Kamis, (20-23/6/2022).

Pembinaan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada pihak desa yang telah ditunjuk sebagai wilayah model terkait 10 indikator yang terdiri dari pengorganisasian perempuan dan anak, data terkait perempuan dan anak, peraturan desa, pembiayaan, presentase keterwakilan perempuan di lingkungan pemerintah, kewirausahaan, hak anak, kekerasan perempuan dan anak/tindak pidana perdagangan orang, tidak ada pekerja anak, dan tidak ada anak yang menikah di bawah usia 18 tahun.

Pembinaan dilakukan oleh perangkat daerah terkait. Peserta pembinaan terdiri dari Perangkat Desa, PKK Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa, Relawan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA), Forum Anak, serta komponen masyarakat lainnya.

Kegiatan yang dipimpin oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini dilakukan dalam bentuk pemberian materi oleh masing-masing perangkat daerah yang tergabung dalam tim koordinasi model Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) serta tanya jawab dengan peserta terkait peningkatan peran perempuan serta kepedulian terhadap anak di Desa Japura dan Desa Batu Gajah.

Hadir di acara, Camat Kecamatan Lirik Zainuddin mengucapkan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah yang terlibat dalam melakukan pembinaan kepada desa model berupa saran, bantuan, serta bentuk dukungan lainnya.

Dengan adanya kegiatan pembinaan ini diharapkan pembangunan desa semakin meningkat terutama dalam memprioritaskan pemenuhan kebutuhan hidup, kelangsungan hidup dan kepentingan terbaik bagi perempuan dan anak tanpa diskriminasi.