Rilis Terbaru

Pemkab Inhu Kembali Meraih Penghargaan Hasil Indeks Keterbukaan Informasi Publik Dengan Kategori "Terbuka"

Kadiskominfo Menerima Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dari FITRA

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0045/RILIS/IX/2019

Tanggal : 23 September 2019

Pemkab Inhu Kembali Meraih Penghargaan Hasil Indeks Keterbukaan Informasi Publik Dengan Kategori "Terbuka"

Rengat - Kabupaten Indragiri Hulu kembali mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten terbaik di Riau dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Penghargaan diberikan oleh Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Riau dalam acara launching indeks dan evaluasi kinerja KIP Propinsi Riau oleh Fitra Riau, Senin (23/9/2019) di Hotel Grand Zuri lt. 12 Pekanbaru.

Penghargaan langsung diserahkan oleh Koordinator FITRA Riau, Triono Hadi, dan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Inhu, Jawalter. Kegiatan dibuka langsung oleh Gubernur Riau, Drs. H. Syamsuar, M.S.i, didampingi oleh oleh kepala dinas di lingkungan Provinsi Riau, BPK RI Perwakilan Riau dan para tamu undangan lainnya.

Ada 3 indikator yang menjadi tolak ukur penilaian yaitu (1) Aspek kelembagaan pelayanan informasi publik (2) aspek ketersediaan dan aksesibilitas layanan informasi anggaran (3) aspek ketersediaan dan aksesibilitas informasi terkait dengan Tata Kelola Hutan dan Lahan (TKHL).

Untuk memenuhi indikator tersebut, Pemkab Inhu melalui Diskominfo telah berusaha proaktif untuk tetap terbuka dan makin terbuka. Antara lain dengan menggunakan IT dan sosialisai masif. Selain itu, diskominfo juga melakukan sosialisasi terkait Keterbukaan Informasi Publik sampai ke seluruh desa di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu selama satu tahun terakhir.

"Saya berharap kepeda rekan-rekan pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten/kota, sudah tidak masanya kita menyimpan-menyimpan dan tidak membuka diri. Lebih baik kita menyampaikan secara terbuka apa adanya serta menerapkan e-goverment" Ucap Gubernur Riau, Syamsuar, dalam sambutannya.

Turut hadir pada acara ini Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau Zupra Irwan, Koordinator Fitra Riau, Sujanarko Jumat (KPK RI), dan Sahrial Abdi (DPKAD Riau).


Keterbukaan informasi menjadi sebuah mandate bagi penyelenggaraan Pemerintahan dan merupakan wujud tata kelola Pemerintahan yang baik (Good Government). Hal ini merefleksikan UU Nomor 14 Tahun 2008 yang telah diimplementasikan selama 10 tahun terakhir.