Rilis Terbaru

TALKSHOW DI SWAI FM, DISPORAPAR INHU BAHAS PENGEMBANGAN DESA WISATA

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0668/RILIS/III/2022

Tanggal : 04 Maret 2022

TALKSHOW DI SWAI FM, DISPORAPAR INHU BAHAS PENGEMBANGAN DESA WISATA

INHU – Dalam rangka mewujudkan visi misi bupati dan wakil bupati pada bidang pariwisata, Disporapar Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) bekerjasama dengan Diskominfo Inhu  melaksanakan kegiatan Talkshow di Radio Swara Indragiri Pematang Reba, kali ini membahas tentang Desa Wisata.

Desa Wisata merupakan wilayah administratif desa yang memiliki potensi dan keunikan daya tarik wisata yang khas, yaitu merasakan pengalaman keunikan kehidupan dan tradisi masyarakat di pedesaan dengan segala potensinya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Indragiri Hulu, Nurizal Murza Indra mengawali perbincangan saat menghadiri talkshow di Radio Swara Indragiri, Jum’at (4/3/2022).

Dalam talkshow kali ini, Pria yang akrab disapa Rizal tersebut berbicara banyak hal terkait desa wisata, mulai dari jenis-jenis desa wisata, tahapan pengembangan desa wisata, dan strategi yang dilakukan untuk mengembangkan desa wisata terutama di Kabupaten Indragiri Hulu.

Rizal menyampaikan ada beberapa daya tarik yang dapat menarik wisatawan baik domestik maupun internasional.

“Ada daya tarik alam seperti flora dan fauna maupun keindahan alam lainnya. Kemudian daya tarik budaya seperti sejarah, kesenian dan pertunjukan masyarakat dan daya tarik buatan manusia seperti bangunan keagamaan ataupun mengikuti kegiatan masyarakat,” jelas Rizal.

Lebih lanjut Rizal menjelaskan Sapta Pesona Pariwisata yang merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik wisatawan berkunjung ke suatu daerah dengan memenuhi tujuh unsur, yaitu aman, tertib, bersih, indah, ramah, sejuk, dan kenangan atau kesan yang menyenangkan.

Menutup bincang-bincang hari ini, Rizal mengajak pemangku kepentingan maupun masyarakat desa agar mulai mengembangkan potensi wisata yang terdapat di desa tempat masyarakat bermukim dengan berkoordinasi dengan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Indragiri Hulu.