Rilis Terbaru

WUJUDKAN KEMANDIRIAN PANGAN, REZITA RESMIKAN LPM GAPOKTAN

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0638/RILIS/XII/2021

Tanggal : 29 Desember 2021

WUJUDKAN KEMANDIRIAN PANGAN, REZITA RESMIKAN LPM GAPOKTAN

INHU - Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat Gabungan Kelompok Tani di Kelurahan Air Molek I Kecamatan Pasir Penyu, Rabu (22/12/2021). Kedatangan beliau bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Inhu disambut oleh Camat Pasir Penyu, Bambang Indrawan; Forkopimcam Pasir Penyu; Lurah dan Kepala Desa se-Kecamatan Pasir Penyu; serta Ketua kelompok tani se-Inhu.

Perwakilan Gapoktan, Acun Basuni dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Inhu yang sudah mendukung terbentuknya 10 Gapoktan. Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan Kab. Inhu  Ir. Isnidar, mengatakan sektor pertanian memiliki kaitan erat dengan ketahanan pangan dan menjadi prioritas agar terhindar dari krisis pangan. Untuk itu pemerintah menetapkan adanya cadangan pangan baik cadangan pangan pemerintah maupun masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi mengatakan pengembangan lumbung pangan masyarakat ini merupakan upaya pemerintah pusat dan daerah untuk memberdayakan masyarakat dengan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dalam mengelola lumbung pangan, mengoptimalkan sumber daya yang tersedia dan menguatkan kapasitas kelembagaan. Sehingga diharapkan dapat berkembang secara mandiri, berkelanjutan dan berperan secara optimal menyediakan pangan.

Terakhir, Rezita mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi beberapa perusahaan yang ada di Inhu, seperti  PT. Tunggal Perkasa Plantations; PT. Seko Indah; PT. Sinar Widita Pratamata; PT. Inecda; dan PT. Sawit Jaya Mandiri Lestari yang berkontribusi melakukan perbaikan akses jalan bagi para kelompok tani dan masyarakat melalui program CSR.

Usai menyampaikan sambutan, Rezita  menyerahkan SK Menteri Pertanian RI tentang Duta Pertanian Andalan Pembangunan kepada Ridwan Nurbaqin, penyerahan Sertifikat Petani Berprestasi peringkat ke-3 Tingkat Provinsi Riau kepada Acun Basuni, penyerahan 2 (dua) unit Hand Tractor kepada kelompok tani serta penandatangan prasasti lumbung pangan Gapoktan Karya Makmur. Rangkaian acara di tutup dengan peninjauan kegiatan pertanian dan perternakan, penandatanganan prasasti dan baliho.