Rilis Terbaru

PEMKAB INHU KOMITMEN KELOLA ADUAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0611/RILIS/XI/2021

Tanggal : 10 November 2021

PEMKAB INHU KOMITMEN KELOLA ADUAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK

INHU - Wakil Bupati Indragiri Hulu Drs. H. Junaidi Rachmat, M.Si pimpin Pertemuan  rangka Koordinasi terkait Implementasi Pengelolaan Pengaduan Masyarakat & SP4N pada Pemkab Indragiri Hulu, Selasa (09/11/2021). Bertempat di Ruang Rapat Thamsir Rachman lantai 4 Kantor Bupati Inhu, acara ini turut dihadiri Kepala BKP2D Inhu H. Subrantas, SP, Kadis Kominfo Jawalter, serta instansi terkait lainnya seperti DPMPTSP Capil, Disnaker, Dinas Kesehatan, DAN Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda Kab. Inhu. 

"Semoga dengan kehadiran Ombudsman dapat memberi semangat bagi kami Pemkab Inhu dalam memberikan Pelayanan Publik yang baik" tutur Junaidi mengawali diskusi. Ia juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memperkecil kesenjangan antara harapan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan Pemkab Inhu. 

Hadir sebagai pemateri, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Riau Ahmad Fitri dengan tema Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. Ia menggaris bawahi bahwa salah satu hal penting terkait standar pelayanan ialah penanganan pengaduan. Ahmad melanjutkan, pengaduan yang sedikit belum tentu berarti layanan berkualitas, bahkan banyaknya pengaduan yang masuk dapat dijadikan sebagai indikator partisipasi masyarakat. 

Dalam prakteknya, Pemerintah telah menyedian wadah yakni SP4N-LAPOR!  sebagai layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat secara online yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggaraan pelayanan publik dan dikelola Kemendagri, Kementerian PAN-RB, Kemenkominfo, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman RI. 

Pada kesempatan yang sama, Kadis Kominfo Inhu Jawalter, selaku instansi yang menaungi aplikasI LAPOR! menyampaikan bawah aduan terkait pelayanan publik Pemkab Inhu yang masuk pada aplikasi LAPOR! hingga saat ini berjumlah 74 laporan. Dari 74 laporan tersebut, 1 laporan belum ditindak lanjut oleh instansi terkait, 1 laporan sedang di proses, 72 laporan sudah selesai. 

Diakhir pertemuan, Wakil Bupati Junaidi atas nama Bupati Inhu beraharap Pemkab Inhu dapat terua berbenah untuk menyediakan pelayanan publik yang memenuhi ekspektasi masyarakat.