Rilis Terbaru

Rangkain Acara Memperingati Hari Harimau Sedunia Atau Global Tiger Day (GTD) Berlangsung Meriah

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0037/RILIS/VII/2019

Tanggal : 30 Juli 2019

Rangkain Acara Memperingati Hari Harimau Sedunia Atau Global Tiger Day (GTD) Berlangsung Meriah

INHU- Rangkaian acara Memperingati Hari Harimau Sedunia Atau Global Tiger Day (GTD) Berlangsung Meriah, acara yang dihelat sepanjang bulan juni 2019 ini yang dipusatkan di daerah penyangga TNBT pada puncak acara dihadiri oleh Bupati Indragiri Hulu yang diwakili oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Inhu, Camat Batang Gansal diwakili oleh Kasie Pembangunan, Kapolsek Batang Gansal yang diwakili oleh Babinkamtibmas, Koramil Batang Gansal, Mitra kerja Balai TNBT yaitu Yayasan PKHS (Penyelamatan dan Konservasi Harimau Sumatera), WWF Indonesia, FZS Jambi, Cabang PT. Bank Mandiri tbk. Rengat, PT. Pertamina EP Asset 1 Lirik Field dan Pemerintah Daerah terkait. Mitra kerja yang ikut memberikan dukungan akan tetapi tidak dapat hadir yaitu PT. Lestari Asri Jaya (LAJ) dan PT. Alam Bukit Tigapuluh (ABT). Turut hadir kelompok tani binaan Balai TNBT, masyarakat mitra TNBT dan siswa sekolah tingkat SLTP dan SLTA di penyangga TNBT.

Peringatan GTD kali ini mengambil tema “Aksi Kita Untuk Harimau Kita” dengan tagar #time4tigers. Tema ini memiliki makna yaitu bagaimana aksi nyata dan kerja kita dapat memberikan dampak positif dalam upaya pelestarian Harimau Sumatera. adapun rangkaian acara yang duhelat kali ini adalah sbb :

  1. Sosialisasi ke desa dan sekolah di daerah penyangga dalam bentuk kegiatan Visit to School, dilaksanakan pada bulan Juli 2019;
  2. Patroli sapu jerat dengan masyarakat mitra Polhut, dilaksanakandari bulan Juni s.d sekarang;
  3. Pameran Harimau Expo, dilaksanakan pada 27 s.d 28 Juli 2019 di halaman kantor Kecamatan Batang Gansal, menampilkancostplay Harimau Sumatera dan Orangutan, pameran foto serta pembagian leaflet dan brosur Pelestarian Harimau Sumatera. Pameran ini didukung oleh mitra kerja Yayasan PKHS (Penyelamatan dan Konservasi Harimau Sumatera) danFrankfurt Zoological Society ( FZS) Jambi.
  4. Lomba membuat video pendek bertemakan Pelestarian Harimau Sumatera dilaksanakan pada 14 s.d 25 Juli 2019, dari total 15 (lima belas) video diperoleh 3 (tiga) pemenang yaitu M. Taufik (Juara I), Indri M (Juara II) dan Indra P (Juara III).
  5. Senam sehat Maumere,  dilaksanakan pada hari Minggu 28 Juli 2019 di halaman kantor Kecamatan Batang Gansal melibatkan para undangan dari pemerintah desa dan kecamatan, segenap mitra kerja TNBT dan masyarakat umum.
  6. Live Talkshow, dikemas dalam bentuk bincang-bincang konservasi ”Aksi Kita Melestarikan Harimau Sumatera di Kawasan TNBT” pada hari Minggu 28 Juli 2019 jam 09.00 s.d11.00 WIB dengan narasumber yaitu Kepala Balai TNBT Darmanto, SP.,M.AP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Indragiri Hulu (Inhu) Ir. Selamat MM, Aktivis Yayasan Penyelamatan dan Konservasi Harimau Sumatera Muhammad Yunus, S.Si dan Perwakilan WWF Indonesia Osmantri. Talkshow dipandu oleh Nur Hajjah, S.Hut selaku Penyuluh Kehutanan merangkap Humas Balai TNBT.
  7. Penandatanganan Petisi atau komitmen bersama (Pemda, TNBT, Polri,TNI, Mitra TNBT dan segenap Masyarakat) dituangkan dalam bentuk penandatanganan spanduk sebagai wujud komitmen bersama untuk melestarikan harimau.
  8. Acara kampanye pelestarian alam (Harimau Sumatera) dimeriahkan oleh kehadiran grup seni tradisional gambus Suku Talang Mamak dari Desa Rantau Langsat, Kec. Batang Gansal.

  9. Pembagian bibit Multi Purpose Trees Species (MPTS) antara lain Petai, Nangka dan Sirsak sebanyak 2.000 buah diberikan kepada para undangan dan masyarakat umum.

Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (BTNBT) akan terus berupaya untuk melestarikan keberadaan Harimau Sumatera, baik melalui upaya preventif, pre-emtif, persuasif maupun represif sesuai kaedah - kaedah yang diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.