Rilis Terbaru

Pemkab Inhu Raih Peringkat Tiga Web Pemerintah Teraman

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0036/RILIS/VII/2019

Tanggal : 26 Juli 2019

Pemkab Inhu Raih Peringkat Tiga Web Pemerintah Teraman

Pekanbaru - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu kembali menorehkan prestasi. Website-website yang ada di lingkungan Pemkab Inhu berhasil meraih peringkat 3 web pemerintah teraman di Provinsi Riau. Penilaian ini diberikan oleh Asosiasi Teknologi Informasi dan Open Source (ATIOS) dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Standarisasi dan Pengamanan Web Dalam Optimalisasi Layanan Kepada Masyarakat. Dalam acara yang dihelat oleh Diskominfotik Provinsi Riau tersebut, tim dari ATIOS melakukan scanning kepada seluruh website OPD di provinsi Riau untuk mendeteksi resiko kemanan di masing-masing web. Hasilnya, Pemkab Inhu memperoleh Peringkat tiga. untuk peringkat pertama Pemkab Kuansing disusul Pemkab Siak sebagai peringkat dua. 

Acara FGD ini berlangsung selama dua hari, tanggal 23 dan 24 Juli 2019 di Hotel Jatra Pekanbaru, dengan narasumber pertama Muhammad Arif Fadhly S.Kom, M.T dosen Politeknik Caltex Riau yang memiliki segudang pengalaman dan sertifikat di bidang pengamanan jaringan, dan narasumber kedua Azwir Irvannanda, ketua ATIOS yang juga seorang ethical hacker. Keduanya bergantian memaparkan masalah-masalah seputar pengamanan web, dan tips untuk meminimalisir resiko website diserang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, mereka juga melakukan simulasi hacking terhadap beberapa website, yang diikuti dengan tips dan solusi agar serangan seperti dapat ditanggulangi.

Acara FGD ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Yogi Getri dan diikuti oleh perwakilan OPD yang ada di Provinsi Riau dan OPD yang ada di kabupaten/kota di provinsi Riau. Sedangkan dalam penutupan acara ini ditutup oleh Sekretaris Diskominfotik Provinsi Riau, yang dalam penyampaiannya berharap agar semua OPD bisa lebih aktif lagi memperbarui websitenya, dan senantiasa memperhatikan isu-isu kemanan yang mungkin terjadi.**