Rilis Terbaru

Hari Harimau Sedunia, Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (BTNBT) Akan Siapkan Serangkaian Acara

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0035/RILIS/VII/2019

Tanggal : 23 Juli 2019

Hari Harimau Sedunia, Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (BTNBT) Akan Siapkan Serangkaian Acara

INHU- Dalam rangka peringatan Global Tiger Day (GTD) Tahun 2019  atau Hari Harimau Sedunia, Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (BTNBT) telah menyiapkan serangkaian acara. 27 dan 28 Juli 2019. Berbeda dengan acara tahun-tahun sebelumnya, peringatan GTD tahun ini digelar di daerah penyangga TNBT. Tujuannya agar lebih menyentuh masyarakat yang tinggal di batas kawasan TNBT yang selama ini berbagi ruang dengan habitat Harimau Sumatera. Tema yang diusung pada Peringatan GTD tahun ini adalah “Aksi Kita untuk Harimau Kita”. Tema ini memberi makna bagi kita untuk beraksi secara nyata dan berdampak bagi kelestarian Harimau Sumatra. Saatnya kita  beraksi untuk Harimau dilambangkan dengan tagar #time4tigers.  

Rangkaian acara telah disiapkan untuk menyambut GTD berupa Visit to School , patroli sapu jerat dan lomba video pendek. Sabtu 27 Juli 2019 akan dilakukan sarasehan dan nonton bareng bersama masyarakat. Kegiatan ini dimulai pada malam hari dan bertujuan untuk membangun keakraban dengan masyarakat setempat. Puncak acara GTD dilaksanakan pada Minggu 28 Juli 2019, panitia mempersiapkan acara senam bersama, talkshow dan pameran. Registrasi peserta dimulai pukul 06.00 WIB, panitia menyediakan  sebanyak  500  kupon undian dan  terbuka untuk  umum kecuali pegawai Balai TNBT. Bagi 100 pendaftar umum pertama yang beruntung akan mendapatkan kaos GTD gratis . Panitia telah menyiapkan berbagai hadiah menarik dengan hadiah utama berupa kulkas dan sepeda gunung dimana pengundian doorprize akan dilakukan pada saat jeda selama acara berlangsung.

Inti acara  GTD ini adalah Talk Show sesuai dengan tema GTD “Aksi Kita untuk Harimau Kita” , menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya. Narasumber berasal dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indragiri Hulu, NGO yang bergerak di bidang Konservasi Harimau Sumatra dan Kepala Balai TNBT.  Selain masyarakat umum, Balai TNBT mengundang perwakilan perangkat desa yang berada di daerah penyangga seputaran Batang Gansal, siswa sekolah dan mitra TNBT. Target peserta sebanyak 500 orang. Balai TNBT mengundang Bapak Bupati Indragiri Hulu, H. Yopi Arianto, SE untuk berkenan hadir dalam acara pembukaan.