Rilis Terbaru

Kerjasama Pemkab Inhu dan Bank Riau Mendigitalisasi Transaksi Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0570/RILIS/IX/2021

Tanggal : 30 September 2021

Kerjasama Pemkab Inhu dan Bank Riau Mendigitalisasi Transaksi Pembayaran Pajak dan Retribusi Daerah

INHU - Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Rezita Meylani Yopi didampingi Asisten III Administrasi Umum Erlina Wahyuningsih dan Kepala Dinas Perhubungan Inhu, Erpandi menghadiri acara peluncuran sistem layanan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk transaksi pembayaran pajak dan retribusi daerah di Kabupaten Inhu, Selasa (28/9/2021).

Pada acara peluncuran yang dilaksanakan di auditorium Yopi Arianto, lantai 4 Kantor Bupati Indragiri Hulu, Direktur Utama Bank Riau Kepri, Andi Buchari mengapresiasi Pemkab Inhu karena menjadi yang tercepat mengimplementasikan sistem pembayaran menggunakan QRIS.

Di Kabupaten Inhu beberapa sumber penerimaan sudah dilakukan menggunakan QRIS seperti pajak bumi dan bangunan, hotel, restoran, reklame dan lain lain. Selain itu Andi mengapresiasi Pemkab Inhu yang menjadi satu-satunya di Sumatera yang pembayaran elektronik uji kendaraan bermotor (e-KIR) dapat dilakukan melalui QRIS.

Andi juga melaporkan, pada September ini Bank Riau Kepri mendapat 2 penghargaan dari Majalah Infobank yakni dinobatkan sebagai bank dengan kategori 'Sangat Bagus' dan Unit Usaha Syariah Perbankan Nasional peringkat pertama. Selain itu, di bulan yang sama Bank Riau Kepri juga menerima penghargaan sebagai TOP BUMD 2021.

Dalam kesempatan itu, Rezita menjelaskan QRIS diciptakan sebagai bentuk sinergisitas Pemkab Inhu dan Bank Riau Kepri dalam mewujudkan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) di bidang pembayaran pajak dan retibusi daerah. Peluncuran ini untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat terlebih di saat pandemi.

Pada fitur QRIS ini, seluruh pajak daerah yang dikelola Badan Pendapatan Daerah Inhu sudah dapat dibayarkan, namun untuk retribusi daerah hanya terbatas pada retribusi pengujian kendaraan bermotor melalui E-KIR yang dikelola Dinas Perhubungan Inhu.

Meskipun dikembangkan oleh Bank Riau Kepri, pembayaran pajak dan retribusi melalui QRIS ini dapat dilakukan melalui Mobile Banking Bank dan E-Money. Oleh karena itu di akhir sambutannya, Rezita mengimbau kepada yang hadir untuk meningkatkan kesadaran dan mengajak keluarga dan orang sekitar memenuhi kewajiban pembayaran pajak dan retribusi daerah.

Tampak hadir dalam kegiatan ini jajaran Bank Riau Kepri Pusat dan Cabang, Camat Se-Kabupaten Inhu, Kepala OPD dan Ketua Perusahaan Umum Daerah se-Inhu.