Rilis Terbaru

Evaluasi Kinerja Kecamatan Lirik

Camat bersama tim penilai

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0032/RILIS/VII/2019

Tanggal : 12 Juli 2019

Evaluasi Kinerja Kecamatan Lirik

INHU - Evaluasi Kinerja Kecamatan ( EKK ) dengan anggota tim dari berbagai Dinas dilaksanakan pada hari Rabu 10 Juli 2019 di Kantor Kecamatan Lirik.

acara ini di hadiri oleh Heriasman, MT. Bagian Pemdes Setda, Munziri, SE. Inspektorat, Dody Arianto, SE. DPMPTSP, Yuni Rachim, SH. M.Si. Bagian Hukum Setda, Atpas Feri. Bagian Organisasi Setda, Dalli Yogia. BKP2D, dan Husni Thamrin Bagian Tata Pemerintahan Setkab Inhu yang disambut langsung oleh Wisnu Subroto selaku Camat Lirik, Sekcam Bapak Sugeng Misman, dan seluruh staf.

Kedudukan camat sebagai kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) kecamatan sekaligus kepala wilayah (wilayah kerja) berbeda dari kepala instansi pemerintahan lain di wilayah kecamatan. Camat memiliki peranan penting dalam pelaksanaan tugas umum pemerintahan, khususnya tugas-tugas atributif dalam koordinasi pemerintahan seluruh instansi di wilayah kerjanya.

Artinya, penyelenggaraan tugas semua instansi pemerintahan di wilayah kecamatan harus dalam koordinasi Camat. Jadi fungsi utama camat, selain memberikan pelayanan kepada masyarakat, juga melakukan tugas-tugas pembinaan wilayah. Sehubungan dengan hal itu maka sangat diperlukan adanya evaluasi kinerja kecamatan (EKK).

Evaluasi yang dilakukan oleh Pemkab memiliki beberapa tujuan penting guna mengetahui permasalahan, kendala dalam mengimplementasikan kebijakan  Pemkab, pembangunan, pelayanan umum, pemberdayaan masyarakat, mengkaji sejauh mana pemahaman camat terhadap peraturan yang berlaku, mengukur keberhasilan pelaksanaan tugas dan fungsi yang diemban organisasi kecamatan, meningkatkan kapasitas dan kapabilitas camat selaku kepala SKPD kecamatan guna mewujudkan profesionalisme aparat pemerintahan, melaksanakan kajian dan evaluasi terhadap kinerja kecamatan sebagai data dasar dalam proses penyusunan beban dan konsep perumusan kebijakan di tingkat kota, memotivasi dan mendorong peningkatan kinerja kecamatan sebagai salah satu organ perangkat daerah Kab. Inhu.

Kegiatan inimerupakan kegiatan rutin setiap tahun di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu.