Rilis Terbaru

Kantor Pertanahan Inhu Gelar Sosialisasi PTSL-PM Tahun Anggaran 2021

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0491/RILIS/VIII/2021

Tanggal : 05 Agustus 2021

Kantor Pertanahan Inhu Gelar Sosialisasi PTSL-PM Tahun Anggaran 2021

INHU – Kantor Pertanahan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menggelar sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Berbasis Partisipasi Masyarakat (PTSL-PM), Bertempat di Aula Kantor Bappeda Inhu, Rabu (4/8/2021).

Mengawali paparannya, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Inhu Taufik S Wibowo menyampaikan program PTSL-PM merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang digawangi oleh Kementerian ATR/BPN yaitu Reforma Agraria serta PTSL.

Lebih lanjut Taufik menjelaskan pengertian PTSL, dasar pelaksanaan, manfaat, bagaimana tahapan pengukuran tanah, kegiatan Pengumpul Data Pertanahan (Puldatan) hingga objek dan subjek PTSL.

Taufik menyebutkan berbagai manfaat akan diterima Masyarakat yang mengikuti Program PTSL ini. Diantaranya memberikan kepastian hukum hak atas tanah, meminimalkan sengketa, serta mententramkan, mensejahterakan dan memakmurkan bagi Masyarakat.

“Yang ngerjakan Pemerintah Pusat, yang menerima hasil dan manfaatnya Rakyat sama Pemda. Jadi saya tidak akan henti bersemangat mensosialisasikan ini karena takdir saya di ATR/BPN dengan tugas salah satunya adalah mensejahterakan Rakyat”, terang Taufik di sela paparannya.

Di akhir paparannya Taufik mengajak Masyarakat untuk berperan aktif mendaftarkan tanah nya ke Kantor Pertanahan Inhu. “Uruslah sertifikat sendiri, kantor pelayanan di Kantor Pertanahan sudah representatif, sudah cukup nyaman lah untuk datang ke Kantor Pertanahan Kabupaten Inhu” imbau Taufik.

Dukungan mengalir dari berbagai pihak yang hadir pada kegiatan sosialisasi ini. Salah satunya dari Kejaksaan Negeri Inhu yang diwakili Maritus Handani. Ia menyampaikan dukungan atas program PTSL yang sedang berlangsung.

“Terhadap program yang dicanangkan oleh BPN sangat kami apresiasi dan kami sangat mendukung, hal ini tidak lain untuk membantu meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu”, ujar Maritus.

Lebih lanjut Maritus menyampaikan Kejari Inhu akan selalu mengawasi dan memantau supaya kegiatan ini berjalan lancar sehingga apa yang dicita-citakan dapat segera terpenuhi.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Inhu Raja Fahrurrozi dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Daerah sangat mendukung PTSL ini. Rozi menjelaskan memang ada persoalan yang muncul terkait dengan pendanaan yang berdasarkan SKB 3 Menteri tentang Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis bahwa untuk daerah Riau ada kewajiban yang harus dipenuhi oleh pemohon sebesar 200.000 rupiah.

“Berdasarkan regulasi tersebut, kami berharap kepada Camat, Kepala Desa maupun Lurah dapat memberikan pemahaman kepada Masyarakat bahwa dana yang 200.000 itu jelas untuk biaya materai, pemasangan patok, dan biaya foto copy”, jelas Rozi.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Kantor Pertanahan Inhu Taufik S Wibowo, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Jajaran Forkopimda Inhu, Kepala Kantor Kementerian Agama Inhu, beberapa Kepala OPD Inhu, Ketua Lembaga Adat Melayu Inhu, Camat serta Kepala Desa di lingkungan Kabupaten Inhu.