Rilis Terbaru

MENINGKATKAN KAPASITAS APARATUR DESA, MEKARSARI GELAR PELATIHAN

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0028/RILIS/VII/2019

Tanggal : 09 Juli 2019

MENINGKATKAN KAPASITAS APARATUR DESA, MEKARSARI GELAR PELATIHAN

INHU - Hari ini bertempat di Desa Mekarsari Kecamatan Lirik berlangsung kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa.Tampil sebagai narasumber dari Dinas Pemerintah Desa (PEMDES) Kabupaten Indragiri Hulu Bapak Heri Asman, ST, MT. Selasa,9/07/19.


Dalam kesempatan ini hadir Camat Lirik Bapak Wisnu Subroto yang diwakilkan kepada Kasi PMD Bapak Agus Salim. Dalam sambutannya beliau menyampaikan peningkatan kapasitas desa kian penting dilakukan mengingat letak geografis Indonesia.  Diketahui  terdapat sekitar  74.957 desa yang beranekaragam, baik kaitannya dengan  kapasitas yang dimiliki maupun kaitannya dengan geografis.  Sehingga metode dan mekanisme pelaksanaan tugasnya pun juga beragam. Selain itu, data Ditjen Bina Pemerintahan Desa menyebutkan, sekitar 76 persen desa di Indonesia masih perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan untuk peningkatan kapasitasnya.

“Kalau kita lihat data Ditjen Pemdes ini kurang lebih 24 persen dari jumlah desa yang ada ini mempunyai aparatur yang baik yang memadai, sedangkan 76 persen ini masih perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan untuk peningkatan kapasitasnya. Oleh karena itulah pentingnya untuk peningkatan kapasitas didalam baik itu untuk pelaksanaan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan maupun tata kelola keuangan desa

Sementara itu Kepala Desa Mekarsari Bapak Benny Setiawan Ahmad ST berharap agar seluruh peserta yang mengikuti pelatihan ini dapat serius dan bersungguh-sungguh sehingga ilmu yang didapat dapat diterapkan. Tidaklah sia-sia mengadakan pelatihan yang dana nya menggunakan dana desa.