Rilis Terbaru

PJ BUPATI HADIRI RAPAT EVALUASI PELAKSANAAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI INDRAGIRI HULU TAHUN 2020

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0395/RILIS/V/2021

Tanggal : 27 Mei 2021

PJ BUPATI HADIRI RAPAT EVALUASI PELAKSANAAN PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI INDRAGIRI HULU TAHUN 2020

INHU – Bertempat di Gedung Pertemuan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pematang Reba, KPU Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melaksanakan evaluasi dalam rangka Penyelenggaraan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Inhu Tahun 2020 bersama Stakeholder pada hari Kamis, 27 Mei 2021.

Tampak hadir pada kegiatan ini Pj Bupati Inhu Chairul Riski, Anggota KPU RI Evi Novida Ginting Manik, Anggota Dewan Pembina Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi Titi Anggraini, KPU Provinsi Riau, Bawaslu Provinsi Riau, unsur Forkopimda Inhu, Ketua dan Komisioner KPU Inhu, Bawaslu Inhu, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, perwakilan Partai politik, perwakilan Jurnalis, perwakilan Organisasi Masyarakat, Organisasi Keagamaan dan Organisasi Kepemudaan se-Kabupaten Inhu.

Acara evaluasi diawali dengan sambutan oleh Ketua KPU Kabupaten Inhu, Yenni Mairida. Dalam sambutannya, Yenni menyampaikan semua proses berjalan baik, aman dan lancar. “Walaupun kita mengadakan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dalam kondisi pandemi Covid-19, alhamdulillah dapat berjalan dengan baik sehingga tidak menimbulkan cluster baru yang biasa disebut dengan cluster Pilkada”, ujar Yenni

Lebih lanjut Yenni menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, Forkopimda, Tokoh Masyarkat dan seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu sehingga seluruh tahapan dapat berjalan baik.

Selanjutnya Pj Bupati Inhu, Chairul Riski menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara hari ini. Dalam sambutannya, Chairul Riski menyampaikan pertemuan ini menjadi ikhtiar untuk mengevaluasi sekaligus mengidentifikasi berbagai kendala yang terjadi pada pilkada lalu, untuk nantinya dijadikan sebagai dasar agar kedepan dapat lebih baik lagi.

“Kita menyadari bersama bahwa hal terpenting dalam kesuksesan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah adalah sinergitas antara seluruh lembaga yang didasari atas komitmen yang sama yakni mewujudkan pilkada yang aman, jujur dan damai”, ujar Chairul Riski.

Selanjutnya, Pj Bupati Inhu menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung seluruh tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu 2020.

“Melalui kesempatan ini, saya atas nama Pemerintah Daerah, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, utamanya kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Indragiri Hulu, Bawaslu, PPK, Panwaslu, PPS dan KPPS serta aparat keamanan baik dari TNI, Polri dan Satpol PP yang telah menjalankan tugasnya dengan penuh integritas dan dedikasi yang tinggi, sehingga sampai dengan saat ini, rangkaian tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu tahun 2020 dapat berjalan baik”, lanjutnya.

Di akhir sambutannya, Chairul Riski menyampaikan ucapan selamat kepada Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih. “Tidak lupa, saya turut menyampaikan ucapan selamat kepada pasangan Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu terpilih, Ibu Rezita Meylani Yopi, SE dan Drs. Junaidi Rahmat, yang nantinya akan menjadi pemegang tampuk kepemimpinan Kabupaten Indragiri Hulu kedepan” lanjutnya.

Sebelum menutup sambutannya, Pj Bupati menyampaikan harapannya kepada Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu terpilih nantinya agar menjaga dan menjalankan amanah, senantiasa membangun kebersamaan, sinergi, mewujudkan persatuan dan kesatuan, rasa keadilan yang pada akhirnya bermuara pada terwujudnya Kabupaten Indragiri Hulu yang lebih baik.

Acara dilanjutkan dengan rapat pembahasan evaluasi yang dipimpin oleh Anggota KPU Provinsi Riau Sri Rukmini, SH., M.I.Kom sebagai moderator, Anggota KPU RI Dra. Evi Novida Ginting Manik, M.S.P dan Anggota Dewan Pembina Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi Titi Anggraini, S.H, M.HKPU sebagai narasumber pada kegiatan ini.

Secara umum, pembahasan rapat evaluasi pemilihan Kepala Daerah kali ini membahas adanya perbedaan terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokal kesehatan. Begitu juga evaluasi untuk lebih kreatif dan inovatif untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Hasil evaluasi bersama stakeholder berjalan dengan baik dan lancar serta mendapatkan apresiasi yang baik dari beberapa stakeholder bahwa pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Inhu 2020 sudah berjalan baik, lancar dan aman walaupun berlangsung di tengah pandemi Covid-19 namun dapat berjalan dengan baik dan tidak ada cluster Pilkada.