Rilis Terbaru

LOKA POM INHIL TEMUKAN PRODUK PANGAN MENGANDUNG BORAKS DI INHU

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0381/RILIS/V/2021

Tanggal : 11 Mei 2021

LOKA POM INHIL TEMUKAN PRODUK PANGAN MENGANDUNG BORAKS DI INHU

INHU - Loka POM (Pengawas Obat dan Makanan) Indragiri Hilir (Inhil) yang berlingkup kerja di Indragiri Hulu (Inhu) dan Inhil menggelar Konferensi Pers Hasil Intensifikasi Pengawasan Pangan Selama Ramadan 1442 H di Kantor Loka POM Inhil secara daring, Senin (10/05/2021).

Kepala Loka POM Inhil, Emi Amalia, S.Farm., Apt., M.Sc mengaku pihaknya Bersama dinas terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Ketahanan Pangan melakukan pengawasan terhadap produk pangan jajanan buka puasa, sarana distribusi pangan ritel modern dan tradisional di Kabupaten Inhu dan Inhil setiap minggu selama Ramadan demi mewujudkan komitmen menjaga mutu dan keamanan pangan.

Pada konferensi disampaikan bahwa tahun ini hasil intensifikasi pengawasan terhadap sarana distribusi dan pangan buka puasa yang memenuhi syarat selama Ramadan mengalami peningkatan.  Di Kabupaten Inhu, dari 9 sarana distributor yang diperiksa, 7 sarana yang memenuhi ketentuan dan 2 sarana tidak memenuhi ketentuan. Sementara untuk pangan jajanan buka puasa, dari 98 sampel yang diperiksa, terdapat 96 sampel yang tidak mengandung bahan berbahaya dan 2 sampel pangan yang mengandung bahan berbahaya yaitu boraks yang terkandung pada panganan jenis kerupuk.

Emi mengimbau pelaku usaha pangan untuk mematuhi aturan terkait distribusi maupun keamanan pangan. Beliau juga mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dengan melakukan pengecekan sebelum membeli, seperti mengecek kemasan, label, izin edar dan kadaluwarsa. Jika masih ada yang ragu dan curiga terhadap suatu produk dapat melaporkan kepada pihak Loka POM Inhil untuk dilakukan pengawasan.