Rilis Terbaru

Pelatihan Pencegahan Penyakit Menular Pemdes Lambang Sari IV

Foto Bersama

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0018/RILIS/VI/2019

Tanggal : 28 Juni 2019

Pelatihan Pencegahan Penyakit Menular Pemdes Lambang Sari IV

INHU - Bertempat di Aula Desa Lambang Sari IV berlangsung acara Pelatihan Pencegahan Penyakit Menular. Rabu 26 Juni 2019,  Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Camat Lirik Wisnu Subroto serta dihadiri juga oleh Kasi PMD, Kasi Pem, Ketua TP PKK Kecamatan Lirik Desi Auliyasari, Tim Puskesmas Lirik, Kepala Desa Lambang Sari IV Samsuwarman, serta peserta pelatihan.

Dalam sambutannya Camat menyampaikan 4 cara yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit menular yaitu melakukan suntik vaksin/imunisasi, mencuci tangan dengan rajin, membiasakan diri berolahraga, dan menghindari penggunaan peralatan makan penderita penyakit menular.

dijelasnkan lebih lanjut, yang harus dilakukan pertama-tama untuk mencegah penyakit menular adalah melakukan suntik vaksin/imunisasi. Tujuan melakukan ini yaitu agar tubuh tidak mudah sakit dan tidak mudah terserang berbagai penyakit menular lainnya. Hal ini dikarenakan dilakukan vaksin/imunisasi bermanfaat untuk mencegah penularan suatu penyakit. Oleh karena itu, saat memutuskan untuk pergi ke luar negeri disarankan untuk suntik vaksin terlebih dahulu. Sedangkan untuk anak-anak agar tubuhnya kebal dari penyakit biasanya akan diimunisasi.

Selain itu, mencuci tangan merupakan satu hal penting untuk menjaga kesehatan. Bukan tidak mungkin setelah Anda memegang tubuh orang yang menderita penyakit menular atau tanggan tidak sengaja bersentuhan dengan penderita penyakit menular, membuat Anda tertular jenis penyakit yang sama. Begitu juga, saat Anda memegang hewan mati akibat flu burung tanpa menggunakan alas, maka penyakit ini bisa menular. Tidak ada cara lain yang dapat dilakukan selain dengan cara mencuci tangan terlebih dahulu. Anda harus membiasakan diri untuk mencuci tangan sehabis melakukan apa saja termasuk setelah bersentuhan tangan dengan orang yang menderita penyakit menular. Saat mencuci tidak cukup hanya menggunakan air saja tapi gunakan juga sabun pencuci tangan agar tanggan benar-benar bersih.

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat termasuk untuk kesehatan. Maka dari itu, olahraga merupakan hal yang sangat penting untuk Anda lakukan agar kesehatan tubuh selalu terjaga. Begitu juga untuk mencegah Anda agar tidak tertular penyakit menular Anda harus membiasakan diri berolahraga. Dengan berolahraga, maka tubuh akan kebal dari penyakit. Tidak perlu harus setiap hari untuk berolahraga, 3 kali seminggu sudah cukup. Selain mencegah penyakit menular, terbiasa olahraga juga dapat menurunkan berat badan.

Saat ada salah satu keluarga menderita penyakit menular seperti penyakit kuning, ada baiknya pisahkan peralatan makan yang digunakan. Ini dikarenakan alat makan yang digunakan bagi penderita penyakit menular bisa saja membuat yang sehat dapat tertular penyakit yang sama saat menggunakan alat makan yang sama digunakan penderita. Selain alat makan, alat pribadi seperti sikat gigi, sabun, handuk, dan lain sebagainya juga harus dihindari.

Mencegah merupakan langkah yang lebih baik dilakukan dari pada mengobati. Maka dari itu, agar terhindar dari penyakit menular sebaiknya lakukan 4 cara tersebut terlebih dahulu.