Rilis Terbaru

KAPOLRES INHU PIMPIN UPACARA OPERASI KESELAMATAN LANCANG KUNING TAHUN 2021

Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.I.K saat pimpin upacara.

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0330/RILIS/IV/2021

Tanggal : 12 April 2021

KAPOLRES INHU PIMPIN UPACARA OPERASI KESELAMATAN LANCANG KUNING TAHUN 2021

INHU – Markas Kepolisian Resor Indragiri Hulu (Inhu) gelar Upacara Operasi Keselamatan Lancang Kuning Tahun 2021 dengan tema “Melalui operasi keselamatan 2021 kita wujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) yang mantap dan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan serta tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021”, bertempat di Halaman Polres Inhu, Senin (12/4/2021).

Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021 akan digelar selama 14 hari secara serentak di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dimulai pada tanggal 12 April hingga 25 April 2021 mendatang.

Tampak hadir mengikuti upacara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Inhu H. Hendrizal, M.Si, Pengadilan Negeri Rengat, Para pejabat utama Polres Inhu, Pejabat TNI, Kapolsek beserta jajarannya, seluruh perwira, serta tamu undangan.

Dalam amanatnya, Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.I.K menyampaikan dalam rangka penyesuaian perkembangan situasi pada masa pandemi Covid-19 Operasi Lancang Kuning 2021 bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan disiplin Masyarakat tentang protokol kesehatan, tertib lalu lintas dan menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan serta pemahaman masyarakat tentang larangan mudik lebaran 2021.

Sedangkan target operasi keselamatan lancang kuning 2021 ialah benda, manusia, tempat atau Lokasi dan kegiatan difokuskan pada rest area, pengemudi kendaraan bermotor dan masyarakat yang tidak melaksanakan protokol kesehatan, serta masyarakat yang berkerumun pada lokasi tertentu.

Lanjut Efrizal, berdasarkan data jumlah kecelakaan lalu lintas Operasi Lancang Kuning tahun 2020 mengalami kenaikan 21 persen dari  tahun 2019, korban meninggal dunia dan jumlah korban luka berat tidak mengalami perubahan dari tahun 2019, sedangkan korban luka ringan naik 87 persen dari tahun 2019.

Mengakhiri sambutannya, Kapolres Inhu menekankan agar selama pelaksanaan operasi dapat mengutamakan faktor keamanan, keselamatan, dengan mempedomani standar operasional prosedur dan mematuhi protokol kesehatan, menghindari pungli, melakukan tugas Operasi Lancang Kuning 2021 dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat, selalu menggunakan body system, serta tetap menjaga kesehatan.