Rilis Terbaru

Pj Bupati Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan PSU Pilkada Inhu Di TPS 03 Desa Ringin Kecamatan Batang Gansal

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0322/RILIS/IV/2021

Tanggal : 06 April 2021

Pj Bupati Gelar Rakor Persiapan Pelaksanaan PSU Pilkada Inhu Di TPS 03 Desa Ringin Kecamatan Batang Gansal

INHU - Menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 93/PHP.BUP-XIX/2021 tentang Pemilihan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Pj Bupati Inhu Chairul Riski bersama Forkopimda Inhu menggelar rapat koordinasi pelaksanaan PSU di ruang rapat Thamsir Rahman Lantai 4 Kantor Bupati, Senin (5/4/2021). Pemilihan Suara Ulang akan dilaksanakan di TPS 3 Desa Ringin Kecamatan Batang Gansal.

Rapat koordinasi yang di gelar sekitar dua jam ini diikuti Pj Bupati Inhu Chairul Riski, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat Batang Gansal Elinaryon, Dandim 0302, Kapolres Inhu, Kepala Kejaksaan Negeri Inhu, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua DPRD Inhu, Ketua Bawaslu dan Ketua KPU Inhu.
 
Mengawali agenda, Ketua KPU Inhu Yeni Mairida, menjelaskan, KPU Inhu telah melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk persiapan PSU pada tanggal 20 April 2021.

“Saya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Inhu untuk membantu KPU agar pada tanggal 20 April mendatang bisa melaksanakan PSU dengan baik. Disebutkan Yeni, KPU akan memastikan dengan cermat data pemilih sesuai data KPU di TPS yang ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi untuk digelar PSU, untuk menghindari potensi konflik yang disebabkan data pemilih”, ujarnya.
 
Dikesempatan yang sama, Ketua Bawaslu, menyampaikan siap mensukseskan PSU dengan segala persiapan yang baik, dengan memperhatikan potensi politik uang dan pengerahan massa baik untuk memilih ataupun untuk tidak memilih pada PSU.
 
Pj Bupati Inhu Chairul Riski dalam arahannya meminta kepada seluruh unsur Forkopimda untuk mempersiapkan dan memastikan proses PSU berjalan aman, baik, dan lancar. Termasuk dinas terkait untuk segera mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk pelaksanaan PSU pada 20 April mendatang.

“Karena kita masih dalam masa pandemi Covid-19, kepada Dinas Kesehatan harap mempersiapkan upaya penerapan protokol kesehatan selama proses PSU berlangsung. Begitu juga dengan Dinas Komunikasi dan Informatika untuk mengawasi penyebaran informasi yang berkembang di Masyarakat berkaitan dengan agenda PSU ini”.

“Kepada Camat saya himbau untuk memperhatikan kegiatan yang dilakukan di Kecamatan Batang Gansal. Acara seremonial yang berpotensi mengumpulkan massa diminta untuk diundur atau dipindahkan ke lokasi lain, termasuk Kegiatan Ramadhan, dengan memperhatikan penceramah yang akan mengisi kegiatan Ramadhan nantinya", ujarnya.

Pj Bupati juga menyampaikan kepada pihak Kapolres dan Dandim yang hadir untuk memastikan keamanan terutama Masyarakat Desa Ringin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kapolres Inhu dalam pernyataannya menyampaikan perlu kerjasama yang baik antar instansi untuk mewujudkan PSU ini berjalan aman dan lancar. 

“Kami sudah menempatkan personil di Kecamatan Batang Gansal terutama di Desa Ringin untuk menjamin tidak adanya tekanan psikis kepada masyarakat. Karena suara masyarakat desa ini menentukan siapa Bupati Inhu ke depan”, ujarnya.

Kapolres bersama Dandim juga memastikan tidak ada kegiatan seremonial atau kegiatan yang mengumpulkan orang banyak untuk menghindari kecurigaan yang akan terjadi. “Kami juga meminta semua kegiatan yang akan diadakan di Kecamatan Batang Gansal agar diundur setelah PSU. Jika dijumpai kegiatan yang mengumpulkan orang banyak, akan kami bubarkan”, tegas Kapolres.

Menutup Rakor kali ini, Pj Bupati berharap PSU yang akan diselenggarakan di Desa Ringin dapat berjalan aman, baik, dan lancar dan melahirkan Bupati terbaik bagi Kabupaten Inhu. “Semoga pada PSU nanti tidak ditemui kendala dan dilancarkan Allah SWT, siapapun yang terpilih nanti saya yakin itulah yang terbaik bagi Kabupaten Inhu”, tutup Pj Bupati.