Rilis Terbaru

GELAR SOSIALISASI PERBUP INHU NOMOR 57 TAHUN 2020, KADIS KOMINFO: DENGAN SERTIFIKAT ELEKTRONIK, WUJUDKAN KINERJA PEMERINTAH KABUPATEN INHU YANG LEBIH CANGGIH

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0316/RILIS/III/2021

Tanggal : 31 Maret 2021

GELAR SOSIALISASI PERBUP INHU NOMOR 57 TAHUN 2020, KADIS KOMINFO: DENGAN SERTIFIKAT ELEKTRONIK, WUJUDKAN KINERJA PEMERINTAH KABUPATEN INHU YANG LEBIH CANGGIH

INHU - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Inhu menggelar kegiatan Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Inhu Nomor 57 Tahun 2020 tentang Penggunaan Sertifikat Elektronik di Lingkungan Kabupaten Inhu di Aula Yopi Arianto Kantor Bupati Inhu, Rabu (31/3/2021).
Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfo Inhu Jawalter S, M.Pd, Kepala Balai Sertifikasi Elektronik (BSrE) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang diwakili Imam Resti Muhtahar, S.ST, Perwakilan Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Pemeritah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat di Lingkungan Kabupaten Inhu.
Kegiatan ini dimulai dengan laporan Kepala Seksi Keamanan Informasi dan Persandian Indra Budiman, S.Sos, M.Si selaku Ketua Pelaksana. Dalam laporannya, Indra menyampaikan di era digital saat ini, pelayanan Pemerintah yang cepat, transparan dan akuntabel sudah menjadi kebutuhan dalam memberikan pelayanan kepada Masyarakat. Karenanya pemanfaatan e-Government adalah solusi yang tidak bisa dipisahkan dalam penyelenggaraan pemerintah, termasuk di Kabupaten Inhu.
"Namun dalam penerapannya ada ancaman terhadap otentikasi dan keutuhan informasi yang sangat tinggi. Sebab itu keamanan informasi merupakan salah satu kunci keberhasilan penerapan e-Government itu sendiri, sejalan dengan amanat Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik", paparnya.
“Dengan diselenggarakannya kegiatan ini diharapkan memberikan pemahaman dalam penggunaan sertifikat elektronik dalam mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang bersifat aman, efektif, efisien, dan berkesinambungan”, harapnya.
Acara dilanjutkan dengan paparan Kepala BsrE BSSN selaku narasumber pada kegiatan ini yang membahas mengenai implementasi Sertifikat Elektronik di Lingkungan Kabupaten Inhu.
Dinas Kominfo Kabupaten Inhu atas otorisasi yang diberikan oleh BsrE telah memfasilitasi empat Perangkat Daerah dalam penerapan Pelayanan Penandatanganan dokumen secara elektronik, diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil, Dinas Pendapatan Daerah, dan Dinas Komunikasi dan Informatika.
Dalam sambutannya Jawalter menyampaikan harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman bagi semua pihak yang hadir sehingga implementasinya dapat menunjang kinerja Pemerintahan Kabupaten Inhu yang lebih baik.
"Saya berharap kepada seluruh peserta sosialisasi, agar semua materi yang disajikan oleh narasumber dapat diikuti dengan seksama dan penuh kesungguhan, sehingga apa yang diperoleh pada kegiatan ini selanjutnya dapat segera diimplementasikan mengingat pentingnya arti keamanan informasi serta dampak terhadap penyelenggaraan pemerintahan", ujarnya.