Rilis Terbaru

Gubernur Riau Lantik Chairul Riski Sebagai Pj Bupati Indragiri Hulu

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0312/RILIS/III/2021

Tanggal : 29 Maret 2021

Gubernur Riau Lantik Chairul Riski Sebagai Pj Bupati Indragiri Hulu

INHU – Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar, M.Si resmi melantik Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Riau Drs. H. Chairul Riski, MS. MP sebagai Pj Bupati Indragiri Hulu (Inhu). Pelantikan dan pengambilan sumpah Chairul Riski dilakukan di Balai Pelangi Komplek Rumah Dinas Gubernur Riau, Senin (28/3/2021), disaksikan para Pejabat Pemerintah Provinsi Riau.
Ditempat terpisah, Pemerintah Kabupaten Inhu menyaksikan acara pelantikan Pj Bupati secara virtual bertempat di Lantai 4 Ruang Auditorium H. Yopi Arianto, yang dihadiri seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Kabupaten Inhu.
Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Nomor 131.14.646 Tahun 2021 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Indragiri Hulu Provinsi Riau.
Sebelumnya, Syamsuar menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Inhu Hendrizal sebagai Pelaksana Harian Bupati Inhu pasca berakhirnya masa jabatan Bupati Inhu Yopi Arianto pada 17 Februari 2021 lalu.
Dalam sambutannya Gubernur Riau menyampaikan beberapa Hal mengenai tugas Pj Bupati terpilih. Pertama, melakukan koordinasi bersama semua pihak terkait untuk memastikan terwujudnya Pemilihan Suara Ulang (PSU) yang aman dan kondusif.
“Sebagaimana yang kita ketahui di Inhu akan diadakan Pemilihan Suara Ulang hasil dari Mahkamah Konstitusi. Saya berpesan kepada Pj Bupati terpilih untuk melakukan koordinasi yang baik bersama KPU, Bawaslu, DPRD Kabupaten Inhu serta Forkopimda Inhu, baik pihak Kejaksaan, Kepolisian dan Dandim dalam rangka untuk menciptakan suasana aman dan kondusif”, pesannya.
Selanjutnya Syamsuar berpesan untuk memperhatikan kasus kebakaran hutan dan lahan yang masih terjadi di Kabupaten Inhu.
“Sebagai ketua Satgas Karhutla, ada pekerjaan rumah yang masih kita hadapi di Provinsi Riau selain Covid-19, yaitu tidak terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang meluas. Oleh karena itu Bapak Chairul Riski dapat bekerjasama dengan semua pihak terkait, termasuk tokoh masyarakat dan alim ulama”, sambungnya.
Kemudian orang nomor satu di Provinsi Riau ini juga berpesan untuk melakukan sosialsasi tentang larangan mudik pada tahun ini kepada Masyarakat. “Disamping itu sudah seharusnya melakukan sosialisasi kepada Masyarakat sesuai dengan keputusan Pemerintah bahwa di tahun ini dilarang mudik”, paparnya.
“Selamat bertugas, semoga sehat selalu dan mudah-mudahan dapat mengemban amanah ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang menjadi tanggung jawab Penjabat Bupati Inhu”, tutupnya.
Untuk tugas Pj Bupati Inhu sendiri, pertama, menjalankan roda organisasi di Pemerintahan Inhu. Menjalankan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Inhu selama pelaksanaan PSU. 
Dalam SK Mendagri nomor 131.14.646 tahun 2021 disebutkan, bahwa Chairul Riski diangkat sebagai Pj Bupati Inhu dan diberi amanah untuk melakukan tugas yaitu, memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD dan memelihara ketertiban dan keamanan Masyarakat.
Kemudian melakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah dan dapat menandatangani Perda setelah mendapat persetujuan tertulis Mendagri.
Selanjutnya, tugas lainnya adalah melakukan pengisian jabatan dan mutasi pegawai sesuai peraturan yang berlaku, dan melaksanakan tugas selaku Ketua Satgas Covid-19 Inhu, dimana tugas dan kewenangannya antara lain, memperhatikan Surat Edaran (SE) Mendagri RI Nomor 440/5184/SJ, tentang Pembentukan Satgas Penanganan Covid-19 Daerah.