Rilis Terbaru

Sekda Inhu Pimpin Rapat TPID Tahun 2021 dengan Program Unggulan P2L

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0305/RILIS/III/2021

Tanggal : 29 Maret 2021

Sekda Inhu Pimpin Rapat TPID Tahun 2021 dengan Program Unggulan P2L

Inhu - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Indragiri Hulu melaksanakan kegiatan rapat High Level Meeting TPID diruang sekretaris Daerah lantai II kantor bupati Indragiri Hulu pada Selasa (23/03/2021). Selaku pimpinan rapat Plh.  Bupati Inhu Ir.Hendrizal M. Si mengatakan perlu adanya kesiapan dan pantauan dari Dinas terkait yang berasal dari tim TPID dalam menyusun kebijakan pengendalian inflasi sebagaimana yang diatur dalam Kepmendagri nomor 500.05-8135 tahun 2017 tentang Pengendalian Inflasi Daerah.

Pada rapat pembahasan TPID hari ini, Hendrizal membahas beberapa masalah salah satunya adalah ketersedian premium. Kepada Rivagus Weber yang mewakili Dinas Perindustrian, Hendrizal mengatakan perlunya peranan dari Dinas terkait untuk masyarakat guna mengakomodir premium. "Kasihan juga sama masyarakat apalagi yang berada jauh dari SPBU sering kehabisan, bahkan subuh saja sudah habis." tegasnya. 

Dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan yang akan segera tiba, Bobby Mauliantino selaku sekertaris Dinas PUPR menyampaikan terkait kondisi jalan bila ada permasalahan yang timbul akan segera ditanggapi, " jika ada kendala di Inhu cepat kita kondisikan dengan pusat." tuturnya. 

Hal senada juga dituturkan oleh Sekretaris  Dinas Perhubungan Winaldi. Ia mengatakan bahwa untuk distribusi ketersediaan pangan dijalan, pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak yang terkait. "kita sudah mengecek jalan bersama dengan Polres Inhu,  dan juga Polda bahwa ada ruas jalan yang rawan seperti depan pasar daerah kelayang, kalau jalan kabupaten kita coba survei rambu-rambu kalau ditemukan rambu rusak kita ganti dan perbaiki” paparnya. Winaldi menambahkan, pihaknya juga akan mengadakan posko dan rest area di bulan Ramadhan nanti, namun lokasinya belum ditetapkan mengingat COVID-19. “Dananya sudah disiapkan tinggal menunggu arahan dan kalau disetujui kita dirikan rest area dan posko covid." tambahnya. 

Untuk jalan provinsi seperti ruas jalan Azki Aris – tembilahan,  Winaldi menambahkan pihaknya sudah memasang rambu, namun perlu ada kerja sama lebih lanjut dengan pihak kepolisian dalam menahan mobil yang melebihi kapasitas jalan."kita tidak ada kewenangan untuk menahan mobil yang lewat kecuali pihak kepolisian". Menanggapi hal tersebut Hendrizal mengatakan agar diadakan rapat kepolisian dishub untuk bagaimana mengenai pengaturan jalan, bisa juga melalui forum lalulintas untuk khusus Azki Aris sampai ketembilahan. "kita harus sepakat menjaga pembangunan jalan yang sudah ada" terangnya. 

Menghadapi puasa lebaran, Dinas pertanian dan pertenakan melalui Bonayus Pariza mengatakan perlu pengendalian harga untuk stok sayuran melimpah. " Dipasar sayur melimpah untuk itu kita perlu trik supaya harga tidak jatuh sehingga merugikan petani sayur. " 

Isnidar selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan mengatakan bahwa tahun ini ada dana yang siap digunakan untuk pemanfaatan pekarangan rumah yang mungkin bisa menjadi program unggulan TPID tahun 2021 dan ternyata disepakati bersama oleh peserta dalam pimpinan rapat. Adapun nama program unggulannya adalah Pengembangan Pangan Lestari (P2l). Hendrizal mengatakan bahwa ada baiknya program ini dilombakan dan untuk segara dibentuk tim penilai yang independen dengan memasukkan penyuluh silang antar daerah untuk menilai program unggulan ini.