Rilis Terbaru

Pemdes Bangun Rumah Hidroponik di Desa Lirik Area Kecamatan Lirik

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0011/RILIS/VI/2019

Tanggal : 25 Juni 2019

Pemdes Bangun Rumah Hidroponik di Desa Lirik Area Kecamatan Lirik

INHU - Kegiatan pelatihan bercocok tanam tanpa media tanah yang diselenggarakan pada hari Senin, 24 Juni 2019 di Komplek Paud Desa Lirik area, Kecamatan Lirik.

Kegiatan ini diikuti oleh Camat Lirik Wisnu Subroto, serta Korwil Dinas Pertanian Kecamatan Lirik Ratna Manalu, Kasi PMD Agus Salim, dan Kades Lirik Area H.Safruddin sebagai narasumber

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Camat Lirik Bapak Wisnu Subroto, dalam sambutannya Camat Lirik menyampaikan bahwa Tanaman hidroponik adalah tanaman yang ditanam tanpa menggunakan tanah.

"Tanaman hidroponik merupakan salah satu contoh kemajuan dan industri yang telah dicapai di dunia" ujar Wisnu Subroto

tanaman hidroponik ini memiliki keuntungan tersendiri di bidang ekonomi dibandingkan dengan media tanah yaitu lebih mudah ditanam hanya dengan menggunakan air dan menyediakan lingkungan yang steril untuk produksi tanaman.

Teknik bercocok tanam secara hidroponik tidak memerlukan pestisida, pupuk, dan bahan kimia lainnya sehingga tidak ada kemungkinan kerusakan akibat penyakit maupun hama yang ditularkan melalui tanah.

Biaya pembuatan yang relatif murah, hanya memerlukan tenaga dan waktu dan tanaman yang tumbuh melalui teknik inipun memiliki nilai gizi yang lebih baik.

Warga sangat antusias mengikuti pelatihan ini dan dengan diadakan kegiatan ini Pemerintah Desa area Lirik merupakan Desa pertama yang mengembangkan Pertanian Hydroponik Di Kecamatan Lirik.