Rilis Terbaru

Kejar Target PTSL, BPN Inhu Gelar Talkshow Bersama Unsur Pemerintah Kab.Inhu

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0285/RILIS/II/2021

Tanggal : 24 Februari 2021

Kejar Target PTSL, BPN Inhu Gelar Talkshow Bersama Unsur Pemerintah Kab.Inhu

Inhu - Kementrian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Nasional Kantor Pertanahan Kab. Inhu melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi serta pembuktian terkait pentingnya sertipikat akan tanah dan penyampaian institusi, selasa (23/02/2021). Kegiatan yang dikemas dalam bentuk talkshow ini mengangkat tema "Dengan Sertipikat Hak Atas Tanah Akan Membahagiakan, Menentramkan Dan Mensejahterakan Dicapai Melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)". Bertempat di Kantor Cabang BNI Rengat, acara ini dihadiri FORKOPIMDA, Kepala OPD, Camat, serta Kepala Desa, dan tentunya Kepala Bank BNI Rengat Rionaldi. Tak hanya itu, Talkshow ini juga disiarkan live oleh LPPL Radio Swara Indragiri melalui radio analog 90.20 mHz dan radio streaming http://radioswai.inhukab.go.id/ serta live facebook Swara indragiri sehingga masyarakat dapat turut mendengarkan dan menyaksikan secara langsung.

Acara diawali dengan pemaparan oleh Kepala Kantor Pertanahan Inhu Taufik S. Wibowo, S.Sit, M.H. "Dalam perjalanannya ada fakta bahwa sebagian dari masyarakat di Kab. Indragiri Hulu belum memahami arti pentingnya memiliki Sertipikat Hak Atas Tanah" ujar Taufik. Taufik melanjutkan, sebagian Masyarakat Inhu merasa keberatan dengan adanya kewajiban membayar BPHTB dan biaya pemberkasan yang dipayungi oleh SKB 3 Menteri. Masyarakat Inhu juga sudah merasa cukup dengan SKT dan SKGR. Padahal berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997, sertipikat merupakan alat bukti kuat atas kepemilikan tanah yang sah. Selain hal tersebut, Taufik juga menyampaikan bahwa adanya opini yang berkembang dimasyarakat bahwa sertipikat hasil kegiatan PTSL tidak bisa untuk jaminan di bank. Hal ini yang menghambat pelaksanaan kegiatan PTSL  di Inhu.

PTSL merupakan Program Strategis Nasional yang bertujuan untuk percepatan pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum Hak atas Tanah masyarakat secara pasti, sederhana, cepat, lancar, aman, adil, merata dan terbuka serta akuntabel, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dan ekonomi negara, serta mengurangi dan mencegah sengketa dan konflik pertanahan. Oleh sebab itu Kepala Kantor Pertanahan Inhu meminta dukungan seluruh pihak termasuk seluruh unsur Pemerintah Kab.Inhu untuk mengedukasi serta mensosialisasikan pentingnya kegiatan PTSL ini ke masyarakat.

Dandim 0302 Inhu saat dimintai tanggapannya menyatakan sangat mendukung program nasional ini. "Kami sebagai warga negara Indonesia sangat mendukung, apalagi bila tujuannya untuk mensejahterahkan rakyat" ujar Letkol CZI Eko SS. Kapolres Inhu yang diwakili Kompol Amril menambahkan "Bapak kepala BPN Inhu tidak sendiri, Kami semua yang hadir disini siap mendukung". Sementara itu, Plh Bupati Inhu yang diwakili Kepala BPKAD Inhu Ibrahim Alimin dalam sambutannya, mengajak undangan yang hadir untuk bersama-sama mendorong masyarakat mengikuti program PTSL ini. Terakhir, Ibrahim atas nama Plh Bupati Inhu mengucapkan terima kasih atas adanya program PTSL yang mana sangat membantu masyarakat sehingga mereka mempunyai kepastian hukum terhadap aset mereka.