Rilis Terbaru

SIARAN PERS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN INDRAGIRI HULU, KAMIS 10 SEPTEMBER 2020

Jawalter, S. M.Pd Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Inhu

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0151/RILIS/IX/2020

Tanggal : 10 September 2020

SIARAN PERS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN INDRAGIRI HULU, KAMIS 10 SEPTEMBER 2020

Rengat-Berdasarkan update data terakhir yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kab. Indragiri Hulu tanggal 9 September 2020, terdapat Total Suspek sebanyak 192 orang dengan rincian isolasi mandiri 47 orang, isolasi di RS 2 orang, selesai isolasi 141 orang, dan meninggal 2 orang.

Sementara itu, Total Kasus Konfirmasi hingga saat ini berjumlah 11 orang dengan rincian yaitu isolasi mandiri 5 orang, Rawat di RS NIHIL, Sembuh 5 orang, dan Meninggal 1 orang.

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), seseorang dikatakan Selesai isolasi apabila memenuhi salah satu kriteria berikut:

  1. Kasus konfirmasi tanpa gejala (asimptomatik) yang tidak dilakukan pemeriksaan follow up RT-PCR dengan ditambah 10 hari isolasi mandiri sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi.
  2. Kasus probable/kasus konfirmasi dengan gejala (simptomatik) yang tidak dilakukan pemeriksaan follow up RT-PCR dihitung 10 hari sejak tanggal onset dengan ditambah minimal 3 hari setelah tidak lagi menunjukkan gejala demam dan gangguan pernapasan.
  3. Kasus probable/kasus konfirmasi dengan gejala (simptomatik) yang mendapatkan hasil pemeriksaan follow up RT-PCR 1 kali negatif, dengan ditambah minimal 3 hari setelah tidak lagi menunjukkan gejala demam dan gangguan pernapasan.

Berikut adalah Tindakan pencegahan untuk mengurangi kemungkinan infeksi antara lain :

  1. Tetap berada di rumah.
  2. Menghindari bepergian dan beraktivitas di tempat umum.
  3. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air.
  4. Tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak dicuci.
  5. Segera hubungi Hotline jika Anda mengalami gejala atau memiliki riwayat perjalanan/berpergian dari Negara yang terjangkit.