Rilis Terbaru

SIARAN PERS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN INDRAGIRI HULU, JUM’AT 07 AGUSTUS 2020

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0141/RILIS/VIII/2020

Tanggal : 07 Agustus 2020

SIARAN PERS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN INDRAGIRI HULU, JUM’AT 07 AGUSTUS 2020

Rengat - Berdasarkan update data terakhir yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kab. Indragiri Hulu tanggal 06 Agustus 2020, terdapat Total Suspek sebanyak 39 orang dengan rincian isolasi mandiri 37 orang, isolasi di RS 1 orang, selesai isolasi NIHIL, dan meninggal 1 orang.

Sementara itu, Total Kasus Konfirmasi hingga saat ini berjumlah 4 orang dengan rincian yaitu isolasi mandiri NIHIL, Rawat di RS NIHIL, Sembuh 4 orang, dan Meninggal NIHIL. 

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang dimaksud isolasi adalah proses mengurangi risiko penularan melalui upaya memisahkan individu yang sakit baik yang sudah dikonfirmasi laboratorium atau memiliki gejala COVID-19 dengan masyarakat luas. Upaya karantina/isolasi dilakukan sesuai kondisi dan status kasus. Apabila menemukan kasus Suspek maka dilakukan manajemen kesehatan masyarakat (manajemen kesmas) meliputi:

a. Dilakukan isolasi sesuai dengan kriteria sebegaimana yang telah ditentukan. Isolasi dilakukan sejak seseorang dinyatakan sebagai kasus suspek. Isolasi dapat dihentikan apabila telah memenuhi kriteria. 
b. Pengambilan spesimen untuk penegakan diagnosis 
c. Pemantauan sejak mulai munculnya gejala 
d. Komunikasi risiko, yakni Petugas kesehatan memberikan komunikasi risiko pada kasus termasuk kontak eratnya berupa informasi mengenai COVID-19, pencegahan penularan, tatalaksana lanjut jika terjadi perburukan, dan lain-lain. Suspek yang melakukan isolasi mandiri harus melakukan kegiatan sesuai dengan protokol isolasi mandiri
e. Penyelidikan epidemiologi, dilakukan sejak seseorang dinyatakan sebagai suspek, termasuk dalam mengidentifikasi kontak erat.