Rilis Terbaru

SIARAN PERS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KAB INDRAGIRI HULU, RABU 22 APRIL 2020

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0092/RILIS/IV/2020

Tanggal : 22 April 2020

SIARAN PERS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KAB INDRAGIRI HULU, RABU 22 APRIL 2020

Rengat - Berdasarkan update data terakhir yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kab. Indragiri Hulu tanggal 21 April 2020, terdapat ODP kumulatif dari tanggal 22 Maret s/d 21 April 2020 sebanyak 367 orang, ODP dalam pemantauan 50 orang (13,62%), ODP selesai pemantauan 317 orang (86,38%), ODP yang di periksa Rapid 209 orang dengan Hasil Rapid Negatif 209 orang, Positif 0, dan OTG 0. Kumulatif pelaku perjalanan (PP) dari tanggal 28 Maret s/d 21 April 2020 sebanyak 3.039 orang dengan rincian, PP dalam pemantauan 1.042 orang (34,29%), PP selesai pemantauan 1.997 org (62,71%), PDP 0, konfirmasi 0.

Dinas kesehatan juga menyampaikan anjuran Pencegahan COVID-19 dalam Kegiatan Keagamaan dengan melakukan hal-hal sebagai berikut: 
1. Menjaga kebersihan dan lingkungan tempat ibadah.
2. Menyediakan tempat cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau handsanitizer.
3. Kegiatan agama melalui online.
4. Menghimbau umat untuk memperhatikan informasi dan panduan resmi dari pemerintah
5. Mendorong umat untuk melakukan himbauan pemerintah dalam menerapkan sosial distancing.

Kementrian Agama Kab. Indragiri Hulu mengeluarkan kebijakan dalam percepatan penanganan COVID-19 DI Kab. Indragiri Hulu.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja pegawai dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19, maka pegawai Kementrian Agama Inhu akan bekerja dari rumah kecuali unit yang menjalankan fungsi pelayanan langsung ke masyarakat seperti seksi penyeleggaraan haji dan umrah tetap masuk kantor dengan menggunakan protokol kesehatan.

Untuk layanan di Kantor Urusan Agama (KUA), sejak tanggal 1 April 2020 proses pendaftaran kehendak nikah hanya sebatas menerima pendaftaran melalui SIMKAH web, akan tetapi waktu pelaksanaan akad nikahnya belum bisa ditentukan sampai dengan diterbitkannya kembali kebijakan terbaru terkait layanan di KUA. 

Kemenag Inhu juga telah Menerbitkan Surat Perihal Penyampaian Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri  1 Syawal di tengah COVID-19, yang mana surat tersebut berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 dan Surat Kakanwil Kemenag Prov. Riau. Surat tersebut meminta Kepala KUA Kecamatan se-Kab.  Inhu, Penyuluh Agama Islam, dan seluruh PNS dan honorer Kemenag Inhu, untuk dapat melaksanakan dan mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat di wilayah kerja masing-masing. Beberapa poin penting dalam panduan tersebut adalah: 

1. Umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan baik sesuai ketentuan fikih ibadah;

2. Sahur dan buka puasa dilakukan oleh individu atau keluarga inti tidak perlu sahur on the road atau buka puasa bersama

3. Tilawah atau tadarus Al-Qur'an dilakukan di rumah masing-masing.

4. Buka puasa bersama di lembaga pemerintahan, lembaga swasta, masjid juga musholla ditiadakan;

5. Peringatan nuzulul qur'an dalam bentuk tablig dengan menghadirkan penceramah dan massa dalam jumlah besar, baik di lembaga pemerintahan, lembaga swasta, masjid maupun musholla ditiadakan;

6. Pelaksanaan sholat idul fitri yang lazimnya dilaksanakan berjamaah, baik di masjid atau dilapangan menunggu diterbitkannya Fatwa MUI.

7. Agar tidak melakukan takbiran keliling tetapi takbiran dilakukan di masjid / musholla dengan menggunakan pengeras suara.

8. Pengumpulan Zakat Fitrah dan atau ZIS (Zakat, Infak, dan Shadaqah) agar menghimbau bagi masyarakat untuk mensegerakan dan sebisa mungkin meminimalkan kontak fisik. Dalam hal penyaluran Zakat Fitrah dan atau ZIS, untuk menghindari penyaluran  zakat fitrah ke mustahik melalui pertukaran kupon dan pengumpulan orang.

9. Dalam menjalankan ibadah Ramadhan dan Syawal, seyogyanya masing-masing turut mendorong, menciptakan, dan menjaga kondusifitas kehidupan keberagaman dengan tetap mengedepankan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 7 Tahun 2020, Kemenag Inhu juga menerbitkan Surat yang menginstruksikan kepada seluruh PNS dan Honorer Kemenag Kab. Inhu untuk tidak melakukan kegiatan bepergian keluar daerah/mudik untuk keperluan apapun, dan jika melanggar akan diberikan sanksi disiplin sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Jika dalam keadaan terpaksa harus bepergian keluar daerah harus mendapatkan izin dari pimpinan.

Kemenag Inhu juga melakukan Realokasi Anggaran Rp.1,6 Milyar untuk diakumulatif ke Kemenag Pusat, Karena secara Nasional, Realokasi Anggaran Kementerian Agama sebesar 2,6 Trilun untuk percepatan penanganan COVID -19.

Kemudian Bagian perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Inhu melaporkan hal-hal sebagai berikut.
Data dari Bulog Divisi regional Rengat, kondisi bulan April 2020 direncanakan akan datang penambahan beras sebesar +/- 500 ton, penambahan gula pasir bulan ini.
Data dari SPBE (Stasiun Pengisian Bulk Elpiji), produksi LPG tabung 3 Kg untuk Inhu mencukupi, bahkan terjadi peningkatan produksi dari bulan Maret yang berjumlah 286.720 tabung menjadi 327.800 tabung di bulan April. Peningkatan ini terjadi karena adanya momen menyambut bulan Ramadhan.

Untuk kebutuhan bahan pangan (sembako), harga relatif stabil walaupun ada kenaikan harga pada beberapa jenis bahan sembako, seperti gula pasir, dan bawang merah. Sedangkan yang mengalami penurunan harga diantaranya daging ayam, cabe merah, dan cabe rawit.
Untuk menekan kenaikan harga sembako tersebut, Pemkabup Inhu bersama dengan Bulog akan melakukan operasi pasar atau mengadakan gerai pangan di tingkat kecamatan.

Sementara Bagian Kesra Setda Inhu menyampaikan bahwa dalam mengurangi dampak Penyebaran dari COVID -19 akan menunda dan membatalkan kegiatan yang mengumpulkan orang banyak seperti
Kegiatan safari Ramadhan, pawai takbir,
Kegiatan Shalat Ied Idul Fitri dibulan Mei 2020, Kegiatan sunat massal di 14 kecamatan dibulan Juli 2020, Kegiatan Wisuda MDTA se-Kabupaten Inhu dibulan September 2020, dan kegiatan-kegiatan lainnya.