Rilis Terbaru

SIARAN PERS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN INDRAGIRI HULU, KAMIS 16 APRIL 2020

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0087/RILIS/IV/2020

Tanggal : 16 April 2020

SIARAN PERS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN INDRAGIRI HULU, KAMIS 16 APRIL 2020

Berdasarkan update data terakhir yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kab. Indragiri Hulu tanggal 15 April 2020, terdapat 0 PDP, 47 ODP, 11 ODP selesai pemantauan, 0 OTG, 0 Kasus Terkonfirmasi COVID-19, 2059 orang Pelaku Perjalanan (PP). Hingga saat ini telah dilakukan rapid test kepada 180 ODP dan seluruhnya dinyatakan negatif. 

Selanjutnya, berdasarkan Surat Edaran Bupati Inhu No : 586/443/DINKES-P2P/IV/2020 tentang Karantina Mandiri bagi Pelaku Perjalanan dalam Pencegahan Penularan COVID-19, hal-hal yg harus dilakukan bagi Pelaku Perjalanan selama Karantina/Isolasi Mandiri adalah sebagai berikut :
1. Menghindari kontak dengan anggota keluarga lainnya dan tidak boleh melakukan aktivitas diluar rumah.
2. Menjaga jarak kontak lebih kurang 1 m dengan orang lain.
3. Selalu gunakan masker kain dan diganti selama 4 jam
4. Cuci tangan pakai sabun dibawah air mengalir.
5. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang.
6. Upayakan ruangan terpisah dengan keluarga yang lain.
7. Hindari pemakaian bersama keperluan rumah tangga (alat-alat makan)
8. Jaga kebersihan di dalam rumah dgengan menggunakan cairan desinfektan
9. Hubungi fasilitas pelayanan kesehatan terdekat jika diperlukan.

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indragiri Hulu menyampaikan bahawa Pemerintah secara resmi membuka  Pendaftaran  Program  Kartu  Prakerja  melalui  situs resmi www.prakerja.go.id. Program Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan dan  insentif  bagi  para  pekerja,  pencari  kerja,  serta  pelaku  usaha  mikro  dan  kecil, yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19.

Sementara itu, hingga 15 April 2020, di Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 10.594 orang telah melakukan pendaftaran program kartu prakerja, dengan rincian pengelompokan: Perusahaan sebanyak 4.697 orang, Serikat Pekerja sebanyak 2.748 orang, Pencari kerja melalui pelatihan sebanyak 77 orang, Tenaga Kontrak sebanyak 120 orang, Korban PHK sebanyak 32 orang, dan Sektor informal/BHL/Borongan/Tidak tetap sebanyak 2.918 orang.

Adapun Syarat peserta program Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia  di  atas  18  tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.  Pendaftarannya terdiri dari 3 (tiga) tahap, yaitu: 

Pertama, calon peserta atau pendaftar membuat akun Prakerja disitus www.prakerja.go.id. Kemudian pendaftar memasukkan biodata, seperti nama, tempat/tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan sebagainya.  Data akan diverifikasi ke Kementerian/Lembaga (K/L) terkait. 

Kedua, pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama ±15menit. Gelombang pertama pendaftaran ditutup tanggal  16 april 2020 dan gelombang selanjutnya dibuka sampai minggu ke-4 november 2020. Pengumuman peserta yang lolos untuk gelombang pertama akan diumumkan pada Jumat 17  April  2020. Jika belum berhasil diterima sebagai peserta pada gelombang pertama, pendaftar dapat bergabung di gelombang selanjutnya. Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indragiri Hulu, akan membantu memberikan pendampingan pendaftaran dan membantu menyediakan beberapa komputer untuk masyarakat yang mendaftar di kantor Dinas Tenaga Kerja. Peserta yang menerima Kartu Prakerja akan diberikan pemberitahuan melalui email dan/atau SMS. Kartu Prakerja bukanlah kartu fisik, melainkan sebuah kode unik 16 angka yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan.

Setiap penerima Kartu Prakerka akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000, yang terdiri dari Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000, Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp2.400.000 untuk 4 bulan, Insentif pasca pengisian survei evaluasi sebesar Rp150.000. Peserta dapat mengambil pelatihan selanjutnya apabila sudah menuntaskan pelatihan yang pertama. Bantuan akan hangus apabila dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai penerima, peserta belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama. Sisa bantuan biaya pelatihan setelah pelatihan pertama, dapat digunakan untuk membeli modul pelatihan selanjutnya hingga 31 Desember 2020.

Sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran dan perkembangan penyakit COVID-19, Bupati Indragiri Hulu juga telah mengeluarkan instruksi melalui Surat Edaran Nomor 800/BKP2D/IV/2020/424 Tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penularan COVID-19. Surat edaran ini juga memuat larangan kepada PNS dan Non PNS serta keluarganya, melakukan kegiatan bepergian keluar daerah dan/atau kegiatan mudik lainnya. Apabila dalam keadaan terpaksa perlu melakukan kegiatan bepergian keluar daerah, maka harus dengan izin Pimpinan Instansi/Kepala OPD. Surat edaran ini berlaku mulai dari tanggal 16 April 2020 sampai dengan 29 Mei 2020.