Rilis Terbaru

SIARAN PERS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN INDRAGIRI HULU, RABU 8 APRIL 2020

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0082/RILIS/IV/2020

Tanggal : 08 April 2020

SIARAN PERS GUGUS TUGAS PERCEPATAN PENANGANAN COVID-19 KABUPATEN INDRAGIRI HULU, RABU 8 APRIL 2020

Rengat - Hari ini, Rabu (08/04/2020), kembali dilaksanakan Press Release bersama awak media. Bertempat di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika, kegiatan ini dihadiri oleh Kepala SATPOL PP Boby Rachmat, Kabid Dinas Perhubungan Inhu bapak Sarju, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Inhu Elda Fitriani, serta Kepala Dinas Kominfo Inhu Jawalter.

Berdasarkan update data terakhir yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kab. Indragiri Hulu tanggal 07 April 2020, terdapat 101 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 0 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 0 Kasus Terkonfirmasi COVID-19. Terjadi peningkatan jumlah ODP dari hari sebelumnya, 06/04/2020, yakni dari 95 ODP menjadi 101 ODP. Peningkatan ini disebabkan oleh berbagai macam faktor salah satunya karena adanya mobilitas penduduk dari luar daerah. Selanjutnya berdasarkan jumlah kumulatif hasil rapid test hingga 07/04/2020 sebanyak 103 orang, seluruhnya dinyatakan negatif. Melanjutkan himbauan Gubernur Riau, masyarakat diminta untuk mengutamakan dirumah saja, menggunakan masker kain setiap keluar rumah, jaga jarak aman, selalu cuci tangan, dan terapkan etika batuk.

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu Melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Indragiri Hulu melaporkan telah menitik beratkan Program kerjanya dalam penanganan Covid-19 pada beberapa hal diantaranya Penyemprotan disinfektan pada Kantor dan Gedung Uji, Terminal Penumpang, Dermaga Rakyat/Halte, Titik area parkir halte/pool AKDP/AKAP diluar terminal. Selain itu, Dishub Inhu juga telah mendirikan Pos Pencegahan, pengawasan, pengendalian, dan penanganan covid-19 di perbatasan-perbatasan antara lain perbatasan Inhu pelalawan, Inhu batas Inhil Inhu batas kuansing dan Inhu batas Inhil/Jambi. Dishub Inhu juga menyatakan kesiapannya melaksanakan penjemputan apabila ada masyarakat Inhu yang datang dari luar negeri melalui pelabuhan Dumai bersama petugas kesehatan dan akan senantiasa berkoordinasi serta mendukung Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Indragiri Hulu.

Tidak sampai disitu, SATPOL PP Inhu juga turut serta bahu membahu mendukung serta membantu mencegah penyebar luasan COVID-19 di Kabupaten Indragiri Hulu. Kegiatan Mitigasi/Pencegahan yang telah dilakukan diantaranya melakukan sosialisasi tentang bahaya penyebaran covid-19 mengacu kepada protokol pencegahan covid-19 oleh Kemenkes RI yang dilaksanakan di fasilitas umum dan pasilitas social dilingkungan masyarakat. Selain itu SATPOL PP juga mengajak masyarakat menggunakan masker apabila berada diluar rumah. SATPOL PP juga memasang himbauan dan informasi seperti Baliho dan spanduk dilingkungan kantor dan beberapa tempat strategis di lingkungan masyarakat, selain itu juga memberikan himbauan melalui iklan dan pesan dimedia social untuk pencegahan penyebarluasan virus covid 19 di Kabupaten Indragiri Hulu. Seperti yang diketahui Satpol PP Bersama OPD dan Instansi terkait bekerjasama melaksanakan kegiatan penyemprotan Desinpektan di beberapa tempat fasum dan fassos.

Disamping itu, SATPOL PP Inhu juga melaksanakan kegiatan patroli setiap hari untuk mendukung pencegahan penyebarluasan virus covid 19 melalui kerja sama dengan kepolisian, TNI, Camat, Kades/Lurah dan tokoh masyarakat. Adapun tujuan patroli untuk menghimbau masyarakat agar berprilaku hidup bersih dan sehat, memantau kebersihan rumah ibadah dan Fasum lainnya, menghindari berkumpul dan keramaian dan Kepada para pelaku usaha diminta membatasi aktifitasnya jual beli. SATPOL PP INHU bersama Dishub Inhu juga memantau terminal penumpang dan pintu masuk Kabupaten Indragiri Hulu terhadap para pendatang dari wilayah diluar Kabupaten Indragiri Hulu.