Rilis Terbaru

Terus Berinovasi, Inhu Menjadi Kabupaten Pertama di Riau yang Melaksanakan E-Voting

PEMERINTAH KABUPATEN INDRAGIRI HULU

RILIS BERITA

NOMOR : 0071/RILIS/XII/2019

Tanggal : 04 Desember 2019

Terus Berinovasi, Inhu Menjadi Kabupaten Pertama di Riau yang Melaksanakan E-Voting

Rengat - Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2019 gelombang ketiga, Rabu (4/12/2019). Supandi selaku Plt Kepala Bagian Pemdes Setdakab Inhu yang merupakan leading sector pilkades serentak  menuturkan terkait teknis pelaksanaan Pilkades serentak 2019 ini sudah diatur di dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 40/2019. Bagian Pemdes Setdakab Inhu juga sudah turun melakukan sosialisasi terkait ke desa-desa. Dari puluhan desa yang melaksanakan pilkades serentak, 3 desa ditunjuk melaksanakan pemilihan dengan sistem e-voting. Ketiga desa tersebut yaitu Desa Sidomulyo, Kecamatan Lirik, Desa Batu Gajah Kecamatan Pasir Penyu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Lirik dan Desa Sungai Baung, Kecamatan Rengat Barat. Untuk itu, Bagian Pemdes Setdakab Inhu berkolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Inhu dalam menyiapkan alat yang digunakan pada Pilkades sistem e-voting ini. Selain itu, Diskominfo Inhu juga sudah menyiapkan tim teknis dilapangan untuk membantu kelancaran e-voting.

"Kabupaten Indragiri Hulu sudah 2 tahun yang lalu melakukan proses inovasi yaitu melakukan perubahan-perubahan dalam penyelenggaraan proses pemerintahannya sesuai amanat PP Nomor 38 Tahun 2017 tentang Sistem Inovasi Daerah" ujar Kepala Program Sistem Pemilu Elektronik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Andrari Grahitandaru saat ditemui disela-sela kegiatannya memantau jalannya e-voting di Desa Batu Gajah, Kecamatan Pasir Penyu. Pilkades secara e-voting menggunakan KTP elektronik merupakan sebuah upaya agar sehingga tidak ada lagi pemilih ganda atau fiktif karena masyarakat harus diverifikasi ketika datang ke Tempat Pemungutan Suara  (TPS)  

Andrari juga menambahkan bahwa Inhu menjadi kabupaten pertama di Provinsi Riau yang menggunakan sistem E-Voting. Hal ini tentunya menjadi suatu hal  yang patut dibanggakan khususnya bagi Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu. Di seluruh Indonesia sendiri sudah ada 27 Kabupaten di 11 Provinsi yang telah melaksanakan e-voting berbasis KTP elektronik. "Selamat kepada Inhu, semoga  dapat terus berinovasi dan kedepannya setiap desa dapat menjadi desa yang cerdas dimulai dengan pilkadesnya yang sudah menggunakan e-voting" tutup Andrari.

Juga tampak hadir di TPS Desa Batu Gajah Kepala Satpol PP Inhu, dan Camat Pasir Penyu yang ikut memantau jalannya e-voting. Pada kesempatan tersebut, Kasatpol PP Inhu Boby Rachmat mengungkapkan apresiasinya "ini merupakan suatu inovasi dan tentunya menjadi catatan penting bagi kita, kedepannya kita berharap inovasi ini dapat lebih ditingkatkan". Boby menambahkan hal ini tidak terlepas dari dukungan Bupati Inhu H. Yopi Arianto, SE beserta seluruh jajaran yang hari ini juga turun bersama-sama memantau pelaksanaan pilkades. Boby berharap pilkades kali ini berjalan tertib dan lancar hingga selesai nanti.

Antusiasme  masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya juga cukup tinggi. Tampak dari membludaknya warga yang datang ke TPS. Untuk Desa Batu Gajah sendiri ada sekitar 2039 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Nurul, seorang siswa yang juga merupakan salah seorang pemilih pemula di Desa Batu Gajah ditemui usai menggunakan hak pilihnya mengatakan bahwa ini merupakan pengalaman pertamanya, prosesnya juga terasa lebih mudah dengan adanya sistem e-voting. Hal yang sama juga disampaikan pemilih lainnya bernama Indah "lebih praktis, bagi pemilih usia lanjut juga lebih mudah karena kita cukup menekan layar. Panitia juga memberi kami arahan dengan baik."

Sekretaris Daerah Inhu Hendrizal, juga ikut turun  langsung memantau ke desa-desa. Termasuk salah satunya Desa Batu Gajah. Setibanya di TPS, Hendrizal tampak meyalami dan berbicara dengan panitia serta calon kades mengenai situasi terkini sembari memantau jalannya proses pemilihan.